mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Rabu, 20 Maret 2013

Manfaat dan khasiat buah bisbul

Manfaat dan khasiat buah bisbul sangatlah berguna bagi keluarga. Tetapi buah bisbul ini jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia karena termasuk tanaman yang langka tumbuh di Indonesia. Bisbul (Diospyros blancoi A. DC) dikenal juga sebagai Velvet Apple (Inggris) atau buah mentega. Buah ini merupakan buah yang awalnya hidup liar di hutan-hutan Filiphina, namun kini telah menyebar di berbagai negeri tropis, termasuk Indonesia,terutama di Bogor, Jawa Barat. Bentuknya bulat dan gepeng, dengan besar kira-kira 5-12 cm x 8-10 cm dan berbulu halus. Buah ini termasuk dalam keluarga eboni suku (Ebenaceae) dan berkerabat dengan buah kesemek dan kayu putih. Tak heran jika di negeri asalnya ia dipanggil Mabolo atau buah berbulu.

Buah bisbul mempunyai warna agak unik. Awalnya coklat kemerahan kemudian berubah menjadi merah terang dan terakhir menjadi agak kusam jika sudah matang. Sedangkan daging buahnya sendiri berwarna keputihan, kering, agak keras dan padat. Rasanya manis agak sepat dan berbaus keras, hampir menyerupai bau keju dan durian. Setiap buah mengandung hingga 10 butir biji yang berukuran hingga 4 x 2,5 x 1,5 cm. Buah bisbul umumnya dimakan dalam keadaan segar jika sudah matang. Daging buahnya juga dapat diiris-iris dan dicampur dengan buah-buahan lain untuk dijadikan rujak.
Pohon bisbul memiliki tampilan yang bervariasi, mulai dari bentuk dan bulu daun serta bentuk dan rasa buah. Pohonnya depat mencapai tinggi 30 m, berbatang lurus dengan warna kehitaman dengan diameter hingga 50 cm atau lebih dipangkal batang. Kayunya licin dan tahan lama, berwarna hitam dan banyak dimanfaatkan di Filiphina untuk pembuatan kerajinan tangan. Sedangkan daunnya berwarna hijau tua mengkilap di bagian atas dan bagian bawahnya berbulu halus keperakan.

Setiap 100 gram buah bisbul mengandung protein 2,8 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,8 g, serat 1,8 g, kalsium 46 mg, fosfor 18 mg, zat besi 0,6 mg, vitamin A, vitamin C, tiamin, roblavin dan energi. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, maka bisbul bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata dan mencegah sembelit.

Sumber : http://www.jurnalkesehatan.info/manfaat-dan-khasiat-buah-bisbul-bagi-keluarga-sehat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar