mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Rabu, 20 Maret 2013

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Blewah

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Blewah

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Blewah untuk Mencegah Penyakit Jantung
Buah Blewah
Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Blewah. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.
www.apotekherbal.biz – Buah Blewah atau sering disebut dengan semangka Belanda merupakan jenis buah yang masih dalam satu keluarga dengan buah melon. Buah yang memiliki nama trinominal Cucumis Melo Centalupensis ini banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Blewah adalah tanaman semak yang tumbuh merambat dengan kulit buah yang berbintil – bintil dan daging yang berwarna oranye. Buah ini memiliki khasiat, diantaranya memelihara jantung, mencegah kanker.
Buah blewah juga merupakan buah yang sangat populer bahkan menjadi idola masyarakat ketika Bulan Puasa. Karena buah ini merupakan buah penghasil isotonik alami yang berguna bagi kesehatan. Apalagi ketika berpuasa, banyak cairan – cairan tubuh yang hilang dan mengakibatkan lemas dan letihnya tubuh. Mungkin blewah sangat cocok untuk kita yang sedang berpuasa, karena juga terdapat kandungan gula alami sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.
Kandungan Buah Blewah
Kandungan nutrisi yang dimiliki blewah sangat bervariasi. Semangkuk blewah mengandung, antara lain, 3,1 mg beta-karoten; 68 mg vitamin C; 1,3 mg serat; 13 mg karbohidrat, 494 mg potasium; dan 14 mg sodium. Di samping itu, unsur kalsium, fosfor, zat besi, niasin, protein, lemak tak jenuh ganda juga dapat diperoleh dari blewah.
Sementara itu, menurut The Journal of Food Science kandungan dalam 100 gr blewah rata-rata berisi 12,69 mg magnesium; 0,03 mg mangan; 0,05 mg tembaga; 0,10 mg seng; 0,003 mg kobalt; dan 0,005 mg krom.
Mengingat kadar beta-karoten yang cukup tinggi, buah blewah baik dikonsumsi karena dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan kanker.
Dalam panduan RDA (Recommended Dietary Allowance), terdapat anjuran agar kita mengonsumsi beta-karoten sekitar 5-6 mg per hari untuk memelihara kesehatan jantung. Merujuk saran itu, kiranya kita tak butuh langkah rumit untuk mendapatkan asupan beta-karoten. Kita cukup mengonsumsi blewah secara rutin dan jantung pun akan tetap sehat terawat.
Manfaat dan Khasiat Buah Blewah
  • Kandungan mineral kalium, provitamin A dan serat makanan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, serta menurunkan tekanan darah.
  • Kandungan potassium dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami.
  • Vitamin A yang terkandung dapat menjaga kesehatan mata dan tulang serta baik dikonsumsi bagi perokok aktif maupun pasif.
  • Kandungan kalium mampu mengendalikan tekanan darah, cocok bagi penderita hipertensi.
  • Indeks glikemik yang rendah yakni gula alami dari fruktosa dan glukosa, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes dan obesitas.
  • Mengandung betakaroten yakni jenis antioksidan yang berperan dalam mengurangi konsentrasi radikal bebas yang dapat mencegah penuaan dini.
Sumber : http://apotekherbal.biz/buah/kandungan-khasiat-dan-manfaat-buah-blewah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar