mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Rabu, 20 Maret 2013

Khasiat Buah Blewah

Khasiat Buah Blewah

Buah yang satu ini memang sangat nikmat bila disajikan sebagai campuran es pada saat hari panas. Setelah seharian terpapar sinar matahari, hal yang paling menyenangkan memang mengonsumsi makanan atau minuman yang segar. Buah-buahan misalnya diantara sekian jenis buah, blewah pilihannya.

Menurut Rr. Harudiyati, Ahli gizi dari RS Dr. Soetomo Surabaya, salah satu manfaat blewah adalah mengganti cairan tubuh. Selain itu blewah merupakan isotonik alami yang berguna sekali bagi kesehatan. Karena buah blewah sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga ataupun setelah melakukan perjalanan, cocok juga bari orang yang berbuka puasa agar kesehatan mereka cepat pulih.

Blewah memiliki beberapa kandungan. Dalam 100 gram blewah mengandung energi 39 kalori, karbohidrat 10,2 gram, vitamin c 36,7 mg, vitamin A 3282 IU. Selain itu blewah mempunyai monosakarida atau glukosa jenis fruktosa. Air merupakan kandungan yang paling mendominasi. Karena itu tidak heran jika buah ini cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh agar tubuh tetap terjaga kesehatanya.

Jika sudah dipotong blewah hanya bertahan satu hari, jadi sebaiknya jangan menyimpan buah yang satu ini dalam keadaan sudah terpotong, usahakan agar sekali penyajian buah dapat langsung habis.

Buah yang satu ini juga mudah didapatkan, Jika kita mengunjungi pedagang buah di pasar-pasar tradisional atau pun di supermarket, hampir dapat dipastikan kita akan mendapat buah blewah, apa lagi saat bulan puasa datang, buah yang satu ini banyak sekali di jual dipinggir jalan dengan harga yang murah dan berfariasi. Buah yang berkerabat dekat dengan melon ini rasa dan aromanya memang lebih mantap. Segar, manis, dan wangi buah montok ini sungguh menggoda selera, serta warna jingganya akan lebih memikat. Buah yang menyandang nama latin Cucumis melo Var Cantalupensis ini sedikit terpinggirkan bila dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Penelitian tentang blewah sulit didapati, sehingga varietasnya pun sangat terbatas. Yang paling sering kita jumpai adalah blewah jenis kuning jingga, baik kulit dan daging buahnya. Rasanya manis, tapi sangat disayangkan, buah ini gampang rusak dan busuk karena kulitnya yang tipis.

Semangka yang namanya lebih berkibar dibanding blewah, temyata hanya mengandung 600 SI vitamin A. Coba kita bandingkan dengan blewah yang nyaris terpinggirkan ini, buah dengan nama lain garbis mengandung vitamin A mencapai 4.000 SI dalam 100 gram buah segar. Vitamin A yang terkandung dalam buah ini sugguh berlimpah yang hanya dapat disaingi oleh buah mangga yaitu 6.150 SI. Meski masih tersisih, mulai sekarang masukkanlah blewah ke dalam daftar menu harian keluarga. Luar biasa keistimewaan buah yang kerap disebut semangka belanda ini, dengan mengasup sepotong kecil ukuran 5×15 cm setara dengan 100 g sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian kita.

Kandungan vitamin C dalam blewah segar seberat itu setara dengan 60 mg vitamin C suplemen. Karena vitamin C sangat mudah rusak dan bereaksi dengan udara, maka makanlah blewah segar sesaat setelah dikupas. Bila dikonsurnsi segar, buah ini akan sangat mambantu mengatasi gangguan kulit. Karena, blewah kaya sekali vitamin-vitamin andoksidan, penyegar dan peremaja kulit. Radikal bebas tidak pemah berhenti menggeranyangi kulit kita, karenanya vitamin A, C, dan vitamin E sangat dibutuhkan sebagai penangkalnya. Blewah mengandung semua vitamin anti radikal bebas itu, karenanya konsumsilah buah ini.

Sumber : www.karonia.co.cc

Sumber : http://khasiat-alam-ku.blogspot.com/2009/10/khasiat-buah-blewah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar