mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Minggu, 24 Maret 2013

MEMBURU DELIMA PUTIH, MEMBURU KELANGKAAN

MEMBURU DELIMA PUTIH, MEMBURU KELANGKAAN
Ditulis Oleh :anggoro suprapto, Pada Tanggal : 16 - 08 - 2012 | 20:14:01

Ketika suatu hari sahabat saya Mbak Nita yang asli Tegal, Jawa Tengah, mengatakan butuh buah Delima Putih dalam jumlah yang banyak, maka perburuan buah langka inipun dimulai. Meski memburu Delima Putih sama saja memburu kelangkaan, namun tetap coba kami lakukan juga. “Tolong Pak, saya butuh minimal 50 Kg buah Delima Putih. Sampeyan kan banyak relasinya,” katanya.
Tanpa berpikir panjang untuk apa buah itu dikejar, saya pun mulai mencari info. Tidak hanya sendirian. Jaringan relasi juga saya kerahkan. Langkah pertama, saya sisir pasar-pasar tradisional yang ada di Semarang. Teman-teman yang lain, para sahabat saya menyisirnya di kota masing-masing. Setelah dua hari berlangsung, baik di pasar tradisional, maupun di super-market, tidak kami jumpai buah ini. Memang kadangkala ada yang menjualnya di pasar, namun jumlahnya sangat minim. Hanya satu dua buah saja, sebagai jualan sambil lalu.
Kesimpulan saya, buah ini tidak dibudidayakan secara besar-besaran. Buktinya berburu buah Delima Putih ini sangat sulit. Menurut literatur, ada tiga jenis buah Delima, yaitu Delima Merah, Delima Putih dan Delima Ungu. Ketiga jenis ini secara fisik hampir sama. Hanya warna buah bagian dalamnya saja yang berbeda. Untuk masa kini, sulit menemukan pohon Delima. Padahal jaman dulu, hampir semua pekarangan milik orang Jawa, ada tanaman buah Delima. Sekarang entah karena apa, pohon Delima sudah jarang ditemui. Meski begitu, masih ada satu dua penduduk yang menanamnya.
Maka kalau butuh buah ini dalam jumlah besar, seperti sahabat saya Mbak Nita tadi, yang butuh sampai 50 Kg, agak kerepotan juga. Sudah masuk katagori buah langka. Kalau ada yang menanamnya dalam jumlah banyak pun, mungkin hanya perusahaan jamu, atau perusahaan obat tradisonal herbal. Memang kalau beli buah Delima putih dalam kemasan, tidak ada masalah. Di toko-toko jamu atau toko obat herbal, stoknya melimpah.
Sebetulnya, buah Delima apapun jenisnya merupakan buah yang mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi dibandingkan buah lainnya. Zat antioksidan tersebut mampu membantu tubuh menangkis radikal - radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Khusus buah Delima Putih atau biasa juga dikenal dengan nama Pomegranate termasuk dalam family Punicaceae. Kelompok ini hanya memiliki satu spesies lainnya, yaitu Punica Protopunica yang jarang dikenal.
Pohon Delima Putih, dari pohon, bunga dan daunnya bisa dimanfaatkan. Bagian kulit buah dan kulit kayu dari Delima Putih digunakan untuk pengobatan infeksi cacing pita, sehingga dapat menyebabkan cacing tersebut melepaskan ikatannya dari dinding usus. Dengan konsumsi hasil rebusan kulit buah Delima Putih disertai laksatif (pencahar), tubuh terhindar dari cacingan. Bagian lain tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah, kulit akar  yang harus dikeringkan terlebih dahulu, lalu daun, biji dan bunga.
Ditambahkan, berbagai penelitian menyebutkan, kandungan polifenol dalam buah Delima Putih mampu menghambat sintesis estrogen, sehingga secara in vitro dapat menghambat penyebaran sel-sel kanker payudara. Maka, pemanfaatan Delima Putih untuk pencegahan kanker juga diteliti oleh Ephraim P. Lansky dan Robert A. Newman dari university of Texas M.D. Anderson Cancer Centre, USA. Penggunaan jus Delima Putih menunjukkan adanya aktivitas anti kanker, termasuk untuk membasmi penyebaran sel-selnya dalam tubuh. Hal tersebut juga berkaitan dengan kegunaannya sebagai anti inflamasi.
Maka Neny Nuraini dan kawan-kawan dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung meneliti tentang efek anti bakteri dan anti fungi dari ekstrak kulit buah Delima Putih dalam bentuk sediaan salep, krim dan gel. Hasil penelitian membuktikan bahwa ekstrak kulit buah Delima Putih dapat menghambat aktivitas jamur Candida Albicans  yang sering menyerang daerah feminim wanita dan rongga mulut.
Sesungguhnya, secara khusus buah Delima Putih telah dimanfaatkan dalam beberapa resep tradisional. Terus terang bukan hanya  buah Delima Putih saja yang bermanfaat bagi kesehatan, namun daun, akar, dan kulit buahnya juga mampu dijadikan sebagai obat. Buahnya jika dikonsumsi mampu membantu mengatasi gangguan pencernaan, perut kembung, mencegah masuk angin, disentri dan radang amandel. Untuk akar, daun dan akar tanaman buah delima, berikut resep dan manfaatnya:
1.Mengobati Disentri
Bagian yang digunakan adalah daunnya. Seduh 5g daun Delima Putih segar dengan 2g Rimpang Temu Giring, 6g daun Jambu Biji segar dan 110ml air panas. Setelah dingin minum airnya dan ulangi selama 7 hari.
2.Mengobati keputihan
Bagian yang digunakan adalah kulit buahnya, Seduh 5g kulit buah Delima Putih segar dengan 6g daun Beluntas, 5g herbal Tapak Liman, 1g Majak’an dan 110ml air panas. Setelah dingin minum 1 kali sehari dan ulangi selama 7 hari.
3.Obat Cacingan
Bagian yang di gunakan adalah akar pohonnya. Seduh 1 jari akar Delima Putih dengan 1 jari Rimpang Temu Giring dengan 110ml air panas. Setelah dingin minum 1 kali sehari dan ulangi selama 4 hari. 
4.Membantu memelihara kesehatan organ kewanitaan
Untuk membantu mengurangi lendir yang berlebihan dan bau yang tidak sedap pada organ kewanitaan (keputihan), makan buah Delima Putih secara rutin.
Itulah semua hal tentang buah Delima Putih, yang ternyata memang banyak sekali manfaatnya. Jadi, keinginan Mbak Nita sahabatku yang berasal dari kota Tegal tadi,  memang tidak berlebihan. Namun yang masih menjadi pertanyaan, kenapa dia butuh begitu banyak? Sampai sekali beli, membutuhkan 50Kg? Mungkinkah dibisniskan lagi? Misalnya diekspor. Eee, siapa tahu. Atau mau buat pabrik jamu atau toko herbal. Nanti saja kalau ketemu akan saya tanyakan. Namun yang jelas, memburu buah Delima Putih, tidak semudah yang dibayangkan. Sama saja dengan memburu barang langka.Wah. (anggoro suprapto)
                                                  ------------------------------------
PARA PENJUAL DELIMA PUTIH
Meski langka, bukan berarti tidak ada yang menjual buah Delima Putih. Inilah iklan di beberapa toko online, tentang kesediaan buah langka tersebut.
Bisa 50Kg sekali pesan: Saya menjual komoditi buah Delima Putih, bunga, maupun daun delima untuk pengobatan, atau untuk keperluan “nujuh bulan”. Harga: Rp 40.000/Kg dan minimal order 50/Kg.Bagi rekan - rekan yang membutuhkan komoditi tersebut, silahkan hubungi Bpk. Asep Hp: 02198084477. Terima kasih
Delima Putih Bubuk a’50 Gram: Kami menjual Delima Putih (Punica Granatum L) dalam bentuk bubuk. Bagian yang digunakan buah, kulit buah, akar, bunga, dan daun. Khasiatnya: Kulit buah berkhasiat sebagai pengelat (astringentyang digunakan untuk diare, disentri, cacingan, dan beser. Buah untuk mengurangi kegemukan, gangguan menopause, dan frigiditas. Kulit untuk diare dan disentri. Bunga untuk menghentikan pendarahan pada batuk darah dan muntah darah. Harga : Rp.7.500. Berat Produk dan Kemasan 50 gram. Kode: 1478. Bisa pesan dalam bentuk kapsul,isi: 100kapsul @550mg. Pemesanan di: http://www.berkahherbal.com.
Delima Putih Borobudur: Produksi: Borobudur, Semarang, Indonesia. Harga: Rp.50.000. Berat Produk: 150 gram. Kode : 3409128.
Itulah beberapa penjual buah Delima Putih hasil lacakan kami dan teman-teman. Kalau mau lebih lengkap bisa cari sendiri di online dan komunitas-komunitas online yang tersedia. Jangan khawatir, semua obat herbal itu sudah terdaftar di Balai POM. Jadi aman dikonsumsi. Muncul juga pemikiran, karena sudah langka, maka buah Delima Putih perlu dibudidayakan secara besar-besaran, mengingat khasiatnya yang begitu besar, merupakan peluang usaha bisnis baru. Ada yang berminat? (anggoro suprapto)

Sumber : http://obyektif.com/kesehatan/read/memburu_delima_putih_memburu_kelangkaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar