mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Rabu, 20 Maret 2013

Khasiat buah bit dan manfaatnya

Khasiat buah bit jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia, karena tanaman buah bit tidak tumbuh di wilayah Indonesia. Tanaman ini berupa akar mirip umbi-umbian yang berwarna merah dan paling sering ditemui di Amerika Utara dan Inggris. Meski begitu, tanaman ini sudah banyak dijual di Indonesia terutama di supermarket-supermarket. Buah bit atau juga dikenal dengan akar bit atau bit merah merupakan salah satu varietas Beta vulgaris.

Orang yang mengalami kecapekan karena kurang tidur atau penurunan stamina biasanya dikarenakan oksigen di dalam tubuhnya juga berkurang. Untuk mengembalikan cadangan oksigen yang hilang tersebut bisa dengan mengkonsumsi jus bit yang bisa membuat stamina anda kembali prima. Ini salah satu Manfaat dan Khasiat buah bit. Konsumsi bit harian, menurut penelitian, bisa membantu anda berolahraga lebih lama tanpa rasa capek. Selain itu, setengah liter jus bit sehari efektif menurunkan tekanan darah dan dapat memperbaiki kesehatan.
Studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa segelas jus bit dapat membantu meningkatkan kembali stamina sebesar 16%. Menurut penelitian, kandungan nitrat dalam jus bit tersebut dapat membantu tubuh mengembalikan cadangan oksigen. Karena kekurangan oksigen inilah yang dapat membuat tubuh merasa lelah dan tak bertenaga. “Kami kagum dengan efek dari jus bit pada penyerapan oksigen karena efek ini tidak dapat dicapai dengan cara lainnya, termasuk latihan,” jelas Prof Andy Jones, pemimpin studi dari University of Exeter’s School of Sport and Health Sciences. Menurut Prof Jones, atlet profesinal dan pekerja yang membutuhkan tenaga eksta akan tertarik dengan hasil penelitian ini. “Saya juga tertarik untuk mengeksplorasi relevansi temuan kepada orang-orang yang menderita kekurangan energi dan mungkin dapat menggunakan jus bit untuk membantu mereka menjalani kehidupan sehari-hari,” lanjut Prof Jones.
Khasiat buah bit yang lain menurut Tim penelitian percaya bahwa nitrat dalam jus bit bisa berubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh, sehingga mengurangi ‘biaya oksigen’ yang berhubungan dengan olahraga. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada Journal of Applied Physiology. Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School menemukan bahwa jus bit juga dapat menurunkan tekanan darah.
Dalam studi ini, para peneliti melibatkan delapan laki-laki muda sehat untuk melengkapi rangkaian tes bersepeda. Mereka meminta melakukan dua kali tes bersepeda, setelah minum jus bit sekali sehari selama 6 hari dan setelah minum blackcurrant cordial (minuman yang terbuat dari sejenis berry).
Setelah minum jus bit, partisipan menggunakan lebih sedikit oksigen pada saat diminta bersepeda dengan kecepatan lambat. Hal ini menunjukkan, terang peneliti, kalau otot-otot mereka dapat melakukan kerja dalam jumlah yang sama dengan menggunakan energi yang lebih sedikit. Saat diminta bersepeda dengan jarak sesuai kemampuan, partisipan bisa mengayuh beberapa menit lebih lama dibandingkan pada saat sebelum minum jus bit tersebut.
Setelah minum jus bit, lanjut penelitian, partisipan mengalami penambahan stamina sebesar 16%. Artinya, mereka yang biasanya kehabisan energi setelah jogging selama 1 jam bisa mendapatkan ekstra waktu 10 menit. Selain itu, mereka bisa mencapai jarak yang sama dalam waktu yang lebih cepat.
“Kami benar-benar sangat terkejut dengan efek jus bit dalam pengurangan pengeluaran oksigen, karena efek ini tidak bisa diperoleh dengan cara lain, termasuk program olahraga,” tutur salah seorang peneliti Andy Jones, seperti dikutip situs dailymail. Tentu saja anda akan lebih fit setelah berolahraga,tetapi penggunaan oksigen anda tetap sama.
Buah bit ini mengandung karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi dan zat besi. Hal ini membantu memperlancar aliran oksigen ke otak sehingga membantu keseimbangan cairan dalam tubuh kita.

Khasiat buah bit dari kandungan zat yang dihasilkan

Selain itu, buah bit juga mengandung beberapa zat lain, di antaranya yaitu :
asam folat (berfungsi untuk mengganti sel tubuh yang rusak). Selain itu asam folat juga baik untuk ibu hamil yang berperan dalam pembentukan otak pada bayi,serat,zat besi,kalium,vitamin C,magnesium,fosfor (berguna untuk memperkuat tulang), tembaga (berfungsi membentuk sel darah merah), betasianin (berfungsi untuk mencegah penyakit kanker),tripofat,caumarin yang berfungsi sebagai pencegah tumor.
Bestasianin merupakan pigmen yang terkandung dalam buah bit. Pigmen ini bermanfaat untuk mencegah kanker, karena dapat menghancurkan sel tumor dan kanker.
Lebih lengkap, berikut manfaat dan khasiat buah bit:
Antikanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit stroke,  membersihkan racun dalam tubuh, menghasilkan energi bagi tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, mengobati infeksi dan radang, memperpanjang usia, karena buah bit mampu mencegah berbagai penyakit dan memperkuat sistem imun.
Membuat Jus Buah Bit
Pertama, cuci terlebih dahulu buah bit. Kemudian kupas kulitnya dan potong-potong. Setelah itu, masukkan kedalam blender dan tambahkan sedikit air. Saring airnya dan jus buah bit siap untuk dikonsumsi.
Itulah berbagai hasiat buah bit menurut para peneliti dan ahli dibidangnya, semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.jurnalkesehatan.info/khasiat-buah-bit-dan-manfaatnya/

1 komentar: