mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Rabu, 27 Maret 2013

Manfaat Jamblang Bagi Kesehatan


Manfaat Jamblang Bagi Kesehatan


Jamblang adalah sejenis pohon buah dari suku jambu-jambuan . Tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Syzygium cumini biasanya lebih dikenal dengan nama duwet. Tumbuhan ini berbuah masam ini tergolong tumbuhan buah – buahan yang berasal dari Asia dan Australia tropik. Jamblang tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 500 diatas permukaan laut.
Jamblang mudah dikenali karena dari daunya yang lebar bulat memanjang atau bulat telur terbalik, dan permukaan daunya mengkilap. Buahnya buah buni , bentuknya lonjong, panjang 2-3 cm, masih muda  warna buahnya muda hijau dan setelah masak berubah menjadi merah tua keunguan. Bijinya satu dan biasanya berwatna putih .Kulit kayu dari buah jamblang juga dapat di gunakan sebagai zat pewarna,selain itu biji dan kulit kayu jamblang mempunyai khasiat menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes militus tipe II.
Jamblang mengandung minyak asiri, fenol , alkaloid, asam organic , resin yang berwarna merah tua dan megandung asam elagat dan tanin. Duwet juga mengandung vitamin C terbanyak setelah jambu monyet. Kandungan anti oksidan dalam buah duet berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner dan kanker. Semakin matang buah duwet/ jamblang tsb maka semakin besar pula aktivitas antioksidan yang terkandung dalam buah duwet tersebut.
Daging buah rasanya asam manis, sifatnya sejuk, astringen kuat dan berbau aromatik. Khasiat buah jamblang yaitu sebagai pelumas organ paru, menghentikan batuk, memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur. Bahkan penelitian di india mendapatkan hasil bahwa buah jamblang potensial sebagai obat kontrasepsi bagi pria.
Bagian tanaman jamblang yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit kayu, daging buah, dan bijinya. Daging buah bisa di gunakansegar atau yang telah di keringkan. Dan biasanya setelah kita mengkonsumsi buah jamblang maka bagian rongga mulut dan lidah berwarna ungu.
Daging buah duet dapat digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit seperti :
Kencing manis (diabetes militus),
Batuk kronis, dan sesak nafas
Batuk rejan , batuk pada TB paru
Nyeri lambung dan diare
Biji Dari buah duwet dapat digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit seperti :
Kencing manis
Diare , disentri
Nyeri lambung atu keram perut
Keracunan
Pembesaran limpa
Kulit kayu digunakan untuk pengobatan :
Kecing manis,. Diare dan sariawan
Di dalam masyarakat untuk pengobatan Batuk kronis, biasanya dilakukan dengan cara mencuci buah jamblang yang segar sebanyak (15g), kemudian bijinya di buang bijinya setelah itu dimakan. Sedangkan untuk pengobatan penyakit asma bisa dilakukan dengan merendam buah jamblang kering di mangkuk yang berisi air . kemudian di tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.
Selain itu kandungan oleanolic acid pada jamblang dapat mengurangi kerusakan pada jantung dan hati penderita kanker yang mendapat pengobatan kemoterapi doxorubicin. (Ade Priyono)
 
Sumber:
http://manfaat-buahsayuran.blogspot.com/2012/04/manfaat-buah-jamblang.html
http://rumputobat.blogspot.com/2012/09/tanaman-obat-jamblang.html
http://club10juta.com/kandungan-khasiat-dan-manfaat-buah-duwet-jamblang-manfaat-sari-buah/
http://hidup-sehat.blogspot.com/2008/02/khasiat-buah-jamblang.html
http://iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?mnu=2&id=219
Sumber Gambar:
http://vavai.com/2012/01/27/buni-jamblang-kesa-buah-yang-sukar-dicari/

Sumber : http://www.pantonanews.com/2799-manfaat-jamblang-bagi-kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar