mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Selasa, 26 Maret 2013

Buah Gowok

Buah Gowok, sebuah nama buah yang baru saya dengar juga, disamping nama buah burahol, buah bisbul, buah baguk, buah benda, Buah Gowok pun sangat sedikit referensinya.


Buah Gowok

Disebutkan bahwa Buah Gowok, nama lainnya kupa, atau kepa merupakan pohon buah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Indonesia, khususnya Jawa dan Kalimantan.

Buah Gowok

Nama buah gowok dalam bahasa daerah mungkin anda lebih mengenal dengan nama gohok (Btw.), kupa, kupa beunyeur (Sd.), gowok, dompyong (Jw.).

Tanaman Gowok tumbuh liar terutama di hutan-hutan sekunder. Ia dapat tumbuh antara ketinggian 200-1800 m dpl. Selain itu gowok juga ditanam di ditanam di kebun-kebun pekarangan dan lahan-lahan wanatani yang lain.

Melihat bentuknya yang bulat dan agak lonjong buah gowok mirip dengan Jambu Solo. Buahnya menempel pada tangkai hijau persis sama dengan Buah Duwet. Ukurannya kecil alas mungil, kira-kira sebesar Buah Duku. Kulitnya kaku berwarna ungu tua, atau merah ketika masih muda. Dagingnya berwarna putih terasa kenyal mirip manggis dengan rasa yang asem(sepet) dan seger karena menyimpan banyak air. Biji kecil dan lonjong tersimpan di tengah.

Buah Gowok

Gowok kebanyakan ditanam untuk diambil buahnya, kerap dijual di pasar untuk dimakan segar, sebagai bahan rujak atau untuk disetup. Kayunya berwarna kemerahan, digunakan sebagai bahan bangunan atau perabotan.

Tanaman Gowok ini diperbanyak dengan biji.

Sumber : http://manfaat-buahsayuran.blogspot.com/2012/04/buah-gowok-buah-yang-baru-didengar.html#.UVJjjDccCjs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar