mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Minggu, 24 Maret 2013

Manfaat Kulit Buah Delima

Manfaat Kulit Buah Delima

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


     Sobat herbal..jumpa lagi kita…dalam rubric tips herbal kali ini kita akan membahas tentang manfaat / keguaan dari kulit buah delima yang ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan apabila kita mengerti bagaimana mengolahnya dan berikut adalah sekilas tentang kandungan kulit buah delima dan tips dalam pengolahanya.

     Perlu diketahui bahwa kulit delima mengandung senyawa tannin ( 28% ). Selain itu juga mengandung zat warna. Kulit delima putih mengandung zat samak sebanyak 25-28%,  tanin 22-25%, alkaloid pelletierin, pseudopelletierin dan lendir sebanyak 30%. Kandungan tannin pada kulit buah delima putih befungsi mengerutkan pori – pori ( astringen )
     Zat warna kuning pada kulit buah delima adalah asam galatotamat, kandungan lain yang terdapat pada kulit buah delima adalah granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, 20-30% eligatanin ( tannin ) dan 0.5-1% alkaloid yang terdiri dari pelletierine yang sangat toksik ( beracun ), methypelletierine, pseudopelletierine, resin, triterpenoid, kalsium oksalat dan pati.
     Karena kandungan taninnya, kulit buah delima yang masak merupakan bahan astringen yang kuat, sangat manjur untuk mengatasi diare, disentri dan kepitihan pada wanita. Sebagai bahan kosmeik, ekstrak kulit buah delima sangat bermanfaat untuk astringen sebagai kombinasi dalam menangani kulit wajah yang berjerawat dan bisa juga digunakan sebagai sampo bagi rambut yang berketombe.
     Penelitian Dr. Navaro dari instituto Mexiano del seguro social, Mexico membuktikan bahwa ekstrak methanol yang terkandung pada kulit delima merupakan senyawa yang ampuh untuk melawan semua jenis bakteri yang menjadi penyebab diare.

BERIKUT BEBERAPA TIPS KULIT BUAH DELIMA

Sebagai bahan penyamak kulit
Karena kandungan taninnya yang tinggi, kulit buah delimadapat digunakan sebagai bahan penyama kulit        binatang.

2.     Dapat menghambat pertumbuhan basil typhoid

3.     Mengendalikan penyebaran infeksi virus polio, virus herves simpleks dan virus HIV
4.      Mengobati cacingan  dengan cara merebus kulit delima kering dan serbuk bijio pinang  ( masing – masing 15   gr ) dengan 23 gelas air bersih sampai mendidih selama sekitar 1 jam lalu angkat dan setelah dingin diminum sekaligus sebelum makan pagi.

5.     Mengobati luka dengan cara campurkan serbuk kulit buah delima atau bunga delima secukupnya dengan       minyak wijen lalu aduk sampai merata lalu oleskan pada bagian yang luka.

6.     Menembuhkan luka bernanah dengan cara ambil satu sendok bubuk kulit delima kering dan 10 tetes minyak jintan hitam ( habbatussauda ) lalu dicampur dengan satu cangkir madu. Lalu konsumsi ramuan tadi setiap hari setelah bangun tidur sebelum mengkonsunsi makan apapun ( diminum sebelum makan )

7.    Mengobati peradangan dan infeksi di rongga mulut dengan cara didihkan 100 gr kulit buah delima dalam 4 gelas air. Gunakan ramuan ini untuk berkumur ketika sedang gosok gigi.

8.     Untuk para wanita kulit buah delima juga bisa digunakan sebagai pembersih daerah “V”  dengan cara didihkan 100 gr kulit delima dalam 4 gelas air, saat mendidih masukkan beberapa lembar daun sirih lalu matikan api dan setelah dingin gunakan air tadi untuk mencucu organ kewanitaan anda.

Catatan penting : Wanita hamil dilarang meminum ramuan ini..

Cukup sekian semoga bermanfaat kita lanjutkan pada tips yang akan datang……salam sehat selalu…
Sumber :http://pasarherbaltop.blogspot.com/2012/02/manfaat-kulit-buah-delima.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar