mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Selasa, 26 Maret 2013

Kandungan , Khasiat dan Manfaat Buah Gowok

Kandungan , Khasiat dan Manfaat Buah Gowok


manfaat buah gowok

Mungkin Banyak orang belum terlalu mengenal buah Gowok ini  tetapi yang saya ketahui buah gowok kerap dijual di pasar untuk dimakan segar, sebagai bahan rujak atau untuk disetup. Selain enak ternyata banyak manfaat buah gowok untuk kesehatan.Yuk kita simak sama sama.Pmesanan Xamthone Plus Klik disini!!!1
Tanaman gowok ini termasuk anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Indonesia, khususnya Jawa dan Kalimantan. Nama buah ini menurut orang Betawi disebut gohok, orang Sunda menyebutnya kupa atau kupa beunyeur sedangkan di Jawa disebut gowok dan dompyong. Di kampung saya sendiri dikenal dengan buah gowok.

Deskripsi Tanaman Gowok
Pohon kecil sampai sedang, tinggi 8-20 m dan gemang hingga sekitar 50 cm. Daun tunggal berhadapan, lonjong, 17-25 x 6-7 cm.
Buah buni, bulat agak gepeng, 2-3 cm garis tengahnya, ungu tua hingga kehitaman mengkilap, bermahkota tabung kelopak, tersusun dalam rangkaian.[2] Daging buah putih atau agak merah ungu, banyak mengandung sari buah, masam atau asam manis agak sepat, berbiji gepeng dengan kulit putih atau merah ungu.Pmesanan Xamthone Plus Klik disini!!!1
Buah Meniliki  bentuk yang bulat agak lonjong buah ini mirip dengan Jambu Solo. Buahnya menempel pada tangkai hijau persis sama dengan Juwet. Ukurannya yang sebesar Duku. Kulitnya yang kaku berwarna ungu tua, atau merah ketika masih muda. Dagingnya berwarna putih terasa kenyal mirip manggis dengan rasa yang asem(sepet) dan seger karena menyimpan banyak air. Biji kecil dan lonjong tersimpan di tengah.
Klasifikasi Buah Gowok
Gowok
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus: Eugenia
Spesies: Eugenia polycephala Miq.
Manfaat Buah Gowok
Gowok kebanyakan ditanam untuk diambil buahnya, kerap dijual di pasar untuk dimakan segar, sebagai bahan rujak atau untuk disetup. Kayunya berwarna kemerahan, digunakan sebagai bahan bangunan atau perabotan.

Sumber : http://krisxamthone.com/buah/khasiat-dan-manfaat-buah-gowok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar