mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Selasa, 26 Maret 2013

Khasiat dan Manfaat Duwet / Jamblang (Syzigium cumini (L.) Skeels)

Khasiat dan Manfaat Duwet / Jamblang (Syzigium cumini (L.) Skeels)


Buah duwet berbentuk lonjong sampai bulat telur, sering agak bengkok, 1-5 cm, bermahkota cuping kelopak, dengan kulit tipis licin mengkilap, merah tua sampai ungu kehitaman, kadang-kadang putih. Daging buah putih, kuning kelabu sampai agak merah ungu, hampir tak berbau, dengan banyak sari buah, sepat masam sampai masam manis. Biji lonjong, sampai 3,5 cm. Buah jamblang biasa dimakan segar atau dicampur dengan sedikit garam dan kadang-kadang ditambahi gula, lalu dikocok di dalam wadah tertutup hingga lunak dan berkurang sepatnya. Buah yang kaya vitamin A dan C ini juga dapat dijadikan sari buah, jeli atau anggur. Bagian yang biasa digunakan sebagai bahan baku jamu adalah isi buah, buah, kulit kayu, dan daunnya.

Nama lokal duwet/jamblang adalah juwet, jambolan, Dalas, Dhuwak, jambu keling, jambee kleng (Aceh), jambu kling (Gayo), jambu kalang (Minang), jambulang, jambulan, jombulan, jumblang (aneka nama lokal di Sulut), jambulan (Flores), jambula (Ternate), jambu juwat, jiwat, jiwat padi, juwet, jujutan, , dhalas (Md.), duwe (Bima), jambulan, Jambelang (Melayu), jambulana (Malaysia), duhat (Filipina), jambul, jamun, Java plum (Inggris).
Khasiat duwet/jamblang dan cara pengolahannya adalah sebagai berikut:
  1. Diabetes / Kencing Manis, siapkan 150 gr kumis kucing, 100 gr babakan pule, 100 gr petai selong, 100 gr biji duwet/jamblang, 100 gr ramuan jamu jadam, kemudian biji duwet/jamblang digoreng lalu ditumbuk halus dengan semua bahan, ambil 2 sendok dan seduh dengan air panas yang sudah mendidih, siap diminum. Atau 15 butir biji jamblang ditumbuk halus, direbus dengan 6 gelas hingga tersisa 3 gelas, diminum 1 gelas 3 kali sehari, diulangi setiap hari sampai badan terasa segar. Atau kulit pohon jamblang basah sebanyak 250 gram dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air hingga jadi 2 gelas, disaring airnya, siap diminum sedikit-sedikit sampai habis dalam satu hari.
  2. Batuk Kronis / Asma, cuci buah jamblang segar (15 g) sampai bersih, buah bijinya, lalu makan. Lakukan tiga kali sehari 2. Atau buah jamblang kering (15g) dimasukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu di tim sampai matang, didinginkan, diminum airnya, buahnya dimakan. Lakukan 3 kali sehari.
  3. Batuk Rejang, siapkan buah jamblang kering (15g), empedu ayam betina (1 buah), dan gula pasir secukupnya, dimasukkan ke dalam air sampai seluruh bagian terendam, lalu di tim sampai matang, minum airnya dan makan isinya. Lakukan 1 kali sehari sampai sembuh.
  4. Batuk pada TB Paru disertai nyeri dada, siapkan buah jamblang segar (30g) atau buah kering (15g) dan daun sembung segar (Blumea balsamifera) (25 g), semua bahan dicuci, potong-potong daun sembung seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula pasir (15g) dan air secukupnya sampai seluruh bahan terendam, di tim sampai matang, didinginkan, bijinya dibuang, siap untuk diminum airnya dan dimakan buahnya, dilakukan setiap malam sebelum tidur.
  5. Diare, siapkan buah duwet/jamblang segar yang belum matang (6g), beras yang sudah digongseng sampai kuning (6g), dimasukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, ditim sampai matang, didinginkan, siap dimakan, lakukan 3 kali sehari.
  6. Nyeri Lambung, gongseng buah jamblang kering tanpa biji (30g) sampai berbau harum, masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, di tim sampai matang, didinginkan, siap dimakan, lakukan 3 kali sehati, selama 10 hari.
  7. Sariawan, rebus kulit kayu atau daun duwet secukupnya, didinginkan, digunakan untuk berkumur-kumur, lakukan 3-4 kali dalam sehari.
  8. Mengobati Mencret, pengobatan untuk mencret akibat masuk angin dan udara dingin dilakukan dengan menggunakan kulit dahan jamblang yang direbus, airnya disaring, siap diminum.
  9. Beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan penggunaan jamblang adalah mencret karena masuk angin serta diabetes. Pengobatan untuk mencret akibat masuk angin dan udara dingin dilakukan dengan menggunakan kulit dahan jamblang. Kulit itu direbus. Airnya disaring dan diminum.
  10. Diare, 100 g buah matang duwet, dicuci dan dimakan langsung.
  11. Menghentikan Ngompol, buah duwet cuci hingga bersih, rendam dengan air garam selama 5 menit, bungkus dengan daun pisang, dikukus sampai matang, siap dimakan 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur.
  12.  
  13.          Sumber :  http://jamujawaindonesia.blogspot.com/2012/07/khasiat-dan-manfaat-duwet-jamblang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar