mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Sabtu, 16 Maret 2013

Beberapa manfaat asam jawa yang perlu anda ketahui

Beberapa manfaat asam jawa yang perlu anda ketahui

Bagi masayarakat jawa pastilah tidak asing dengan yang namanya buah asam. Pohon yang sering digunakan sebagai bahan minuman segar orang jaman dahulu ini memang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kita. Bagi orang dulu, anak-anak pun suka memakan buah asam ini secara langsung tanpa mencampurnya dengan gula pasir ataupun gula jawa sebagai pemanisnya. Akan tetapi, dibalik rasa asam yang dimiliki ternyata manfaat asam jawa cukup berkhasiat untuk berbagai pengobatan penyakit.

Manfaat asam jawa untuk pengobatan berbagai penyakit

1. Asam jawa mampu mengobati penyakit Asma
Caranya: ambillah 2 potong kulit pisang asam jawa dan adaspulawaras. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan 1 liter air bersih hingga mendidih. Kemudian saring ramuan ini dan minumlah 2 kali sehari.
2. Asam jawa mampu mengobati Batuk Kering
Caranya: ambil 3 buah asam jawa, lalu 1 genggam daun saga. Lalu rebus hingga mendidih kedua bahan tersebut dengan 4 gelas air bersih. Biarkan hingga tersissa 1 gelas. Lalu minumlah 2 kali sehari pada saat pagi dan sore hari.
3. Asam jawa mampu mengobati Demam
Caranya: ambillah satu genggam daun asam jawa yang masih muda, lalu ambil juga sedikit adas pulawaras. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan setengah liter air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas air. Minum secara teratur 2 kali sehari pagi dan sore hari.
4. Asam jawa mampu mengobati Sakit Panas
Caranya: campurkan 2 buah asam jawa yang telah masak dengan garam dan 1 gelas air panas. Kemudian saringlah air asam ini. Minumlah secara rutin hingga panas turun. Bagi anda ibu-ibu yang sedang hamil sangat dilarang untuk meminum minuman ini karena akan berakibat fatal untuk kandungan mereka.
5. Asam jawa dapat mengobati penyakit Reumatik
Caranya: ambillah 1 genggam daun asam jawa, 2-4 biji asam jawa lalu tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus. Lalu kompreskan ramuan pada bagian tubuh yang sakit.
6. Asam jawa mampu mengobati Sakit perut
Caranya: ambillah 3 buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih secukupnya dan minyak kayu putih secukupnya. Tumbuklah semua bahan tersebut menjadi satu ramuan. Lalu gosokan ramuan gosok ini secara merata pada bagian perut yang sakit.
7. Asam jawa mampu mengobati Alergi atau dalam masyarakat jawa disebut Biduren 
Caranya: ambillah 2-4 buah asam jawa yang sudah cukup tua dan garam sedikit garam secukupnya. Tambahkan sedikit 4 sendok kapur sirih. Lalu semua bahan direbus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hinge menyisakan 2 gelas. Saring bersih ramuan ini dan kemudian minumlah 2 kali sehari pada pagi dan siang hari.
9. Asam jawa mampu mengobati Sariawan
Caranya: rebuslah 2 buah asam jawa, 2 buah rimpang temulawak dan1 potong gula kelapa. Rebus hingga mendidih,kemudian saring ramuan ini untuk diminum sebagai ramuan penyembuah sariawan yang ampuh.
10. Asam jawa mampu mengobati Luka baru
Caranya: lumatkan daun asam jawa yang sudah dikunyah halus pada bagian tubuh yang terluka secara perlahan dan merata. Biarkan hingga agak mongering lalu bersihkan dengan air hangat.
11. Asam jawa mampu mengobati Luka borok
Caranya: tumbuklah 5 biji asam jawa hingga halus lalu ratakan pada bagian yang terluka kemudian perban dengan kain kasa yang bersih.
12. Asam jawa dapat mengobati Eksim dan Bisul
Caranya: tumbuk hingga halus 1 genggang daun asam jawa yang masih muda lalu tambahkan 2 rimpang kunyit dengan ukuran sebesar ibu jari anda. Lalu tempelkan pada bagian yang terluka.
13. Asam jawa mampu mengobati Bengkak karena disengat lipan atau lebah
Caranya: ambillah 3-6 buah biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Tumbuk halus biji tersebut lalu tambahkan sedikit minyak kayu putih. Basahi terlebih dahulu bagian tubuh yang disengat lebah kemudian tempeli denagn ramuan tumbuk biji asam tersebut. Biarkan hingga kemps.
Demikian beberapa khasiat dan manfaat asam jawa untuk kesehatn kita. mulailah untuk menanam semua tanaman atau pohon yang bermanfaat bagi kesehatn kita. Selamat mencoba!

Sumber : http://macammacampenyakit.com/manfaat-asam-jawa-khasiat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar