mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Sabtu, 16 Maret 2013

Kandungan dan Manfaat Asam Jawa

Kandungan dan Manfaat Asam Jawa

Manfaat Asam Jawa
Img Source : Fotolia.com
Asam Jawa atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Tamarind adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di negara-negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, India dan Thailand. Daging buahnya terdapat di dalam cangkang rapuh, dan bertekstur berserat lengket dengan warna coklat dan memilik biji besar. Asam jawa memiliki rasa manis dan asam yang kompleks dan sering digunakan untuk saus, bumbu makanan dan minuman. Kandungan Asam jawa cukup kompleks, terbukti dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral serta beberapa nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Jika Anda tertarik dengan manfaat Asam Jawa, berikut ini akan kami paparkan beberapa diantaranya!
Kandungan Asam Jawa
Sebenarnya kandungan asam jawa mirip dengan sebagian besar buah lainnya. Dengan takaran porsi ½ cangkir kecil, terdapat 140 kalori, 38 g karbohidrat, 3 g serat, sedikit kandungan lemak dan protein. Asam Jawa juga merupakan sumber zat besi dan vitamin C yang sangat baik. Selain itu salah satu keistimewaan Asam Jawa yang tidak dimiliki buah lainnya adalah adanya kandungan vitamin B seperti thiamin dan niacin serta merupakan sumber yang baik dari magnesium dan potasium.
Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan
Di berbagai belahan dunia dimana obat tidak selalu tersedia, pengobatan penyakit dilakukan dengan menggunakan bahan apa saja yang dapat ditemukan di sekitar mereka. Di antara berbagai tanaman obat, Asam Jawa telah terbukti sangat efektif dalam mengobati gangguan pencernaan. Dalam sebuah artikel di “Journal of Human Ecology“, Asam Jawa disebutkan sebagai obat alami yang dapat membantu melawan diare, sembelit, nyeri muntah, sakit perut dan bahkan keracunan makanan.
Sebuah studi dalam “Journal of Nutrition Malaysia” menyebutkan banyak solusi lainnya yang ditawarkan oleh Asam Jawa. Beberapa manfaat Asam Jawa lainnya antara lain efektif dalam mengobati demam, sebagai sunblock untuk mengurangi efek sengatan matahari dan bahkan pernah dilaporkan bahwa Asam Jawa mampu mengobati kelumpuhan. Khasiat lainnya adalah mengobati sakit tenggorokan bila digunakan sebagai obat kumur, serta dapat digunakan untuk mengobati luka sebagai obat oles. Beragamnya manfaat asam jawa tersebut diperoleh karena buah yang satu ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektivitas ibuprofen.
Kaya Akan Antioksidan
Selain kandungan vitamin C dari asam jawa, terdapat antioksidan dalam bentuk lain yang bermanfaat bagi tubuh manusia yaitu Fenol. Fenol merupakan antioksidan alami yang lazim ditemui dalam buah-buahan dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut Healthy Eating for Your Heart, fenol membantu melindungi tubuh dari oksidasi radikal bebas dan membantu kesehatan dinding arteri. Penelitian dalam “Journal of Nutrition Malaysia” mencatat bahwa kadar fenol dari asam paling terkonsentrasi bila dipanaskan hingga titik didih.
Ada banyak sekali manfaat asam jawa yang bisa kita ambil untuk menjaga kesehatan kita. Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya karena bahan ini aman dan alami.

Sumber : http://perlutahu.org/kandungan-dan-manfaat-asam-jawa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar