mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Senin, 01 April 2013

Si Wangi Jambu Mawar

Si Wangi Jambu Mawar


Jambu Mawar
Pernahkah Anda mendengar nama jambu keraton? Bagaimana dengan jambu mawar? Kedua nama tersebut, baik itu jambu amwar maupun jambu keraton, menunjuk pada satu objek yang sama yakni jenis jambu-jambuan atau Myrtaceae. Kabarnya ia berasal dari Asia tenggara terutama dari kawasan Malaysia. Tak ada yang tahu mengapa jenis jambu yang satu ini diberi nama jambu keraton. Lain halnya dengan nama jambu mawar, pemberian kata “mawar” memang disebakan oleh beberapa alasan khusus yakni wewangiannya yang khas dan pekat seperti pada bunga mawar. Selain itu kandungan airnya juga sama seperti yang terkandung dalam bunga mawar. Jika Anda familiar dengan kosmetik “air mawar”, sesungguhnya tidak benar-benar diambil dari bunga mawar tetapi dari jambu keraton yang wangi ini.

Jarang Dikonsumsi


Berbeda dengan jenis jambu air lainnya, jambu mawar ini agak jarang dikonsumsi. Dan jika diperhatikan, ia juga jarang dijadikan komoditi perdagangan di pasaran sama seperti jambu lainnya. Meski demikian, pada prinsipnya, jambu keraton atau jambu mawar ini biasa dikonsumsi meski memang rasanya jauh di bawah jambu air pada umumnya. Biasanya yang senang mengkonsumsi jambu ini adalah anak-anak. Jika jenis jambu lainnya ditanam dengan tujuan diambil buahnya dan jadi pohon peneduh, maka tanaman jambu mawar ini lebih banyak ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias.

Pohonnya memang tidak besar seperti jenis pohon jambu air lainnya. Ia merupakan tanaman perdu dengan ketinggian maksimal 10 meter dan gemang batang yang hanya mencapai angka maksimal 50 cm. Ia memiliki cabang yang cenderung rendah dan tumbuh melebar. Daun jambu mawar ini tunggal dan letaknya berhada-hadapan. Daun tersebut juga langset dan lonjong dengan ujung yang runcing. Daun jambu mawar ini memiliki warna hijau cenderung mengkilat.

Adapun bagian buah, memiliki ciri yang cukup khas. Buah jambu mawar berbentuk bulat seperti telur dan dilemngkapi dengan garis tengah dengan ukuran 2,5 sampai 5 cm. Ia memiliki mahkota daun kelopak dan juga tangkai putik yang kuat dan tidak mudah rontok. Daging buah jambu mawar ini tidak sama dengan daging buah jambu air. Ia cenderung kering. Akan tetapi, aromanya cukup khas serupa mawar. Warna buah ini biasanya kuning, namun ada pula yang berwarna merah muda. Bagaimana rasanya? Jika imakan yang terasa di lidah adalah rasa sepat yang dominan dan berpadu tipis dengan rasa manis khas buah. Buah jambu mawar ini memiliki biji berwarna kecoklatan yang ada di bagian dalam buahnya dan biasanya dijumpau berjumlah 1 sampai 4 biji.

Pemanfaatan jenis jambu mawar ini tak hanya untuk tujuan kosmetika dan juga sebagai tanaman penghias taman. Bagian tanaman jambu mawar ini juga bisa dimanfaatkan, antara lain bagian kayunya cukup kuat dan bahkan tahan akan serangan rayap. Hal ini menjadikan ia sangat digemari dalam dunia konstruksi yang menggunakan bahan kayu. Selain itu, kayu jambu mawar ini juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pewarnaan alami atau penyamak. Manfaat lain dari jambu mawar ini adalah sebagai obat penenang. Hal ini diajarkan oleh nenek moyang kita dengan cara mengawetkan bunga jambu mawar ini. Sementara itu, bagian biji jambu mawar ini juga cukup ampuh mengobati penyakit diare, demam dan juga disentri. 
 
sumber : http://infobuahjambu.blogspot.com/2013/02/si-wangi-jambu-mawar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar