mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Senin, 15 April 2013

Manfaat Buah Lengkeng, Herbal Penenang Alami


Manfaat Buah Lengkeng, Herbal Penenang Alami



Ilustrasi manfaat buah lengkeng
Buah lengkeng atau kelengkeng merupakan salah satu jenis buah eksklusif yang juga favorit dan banyak digemari. Buah ini juga sering menjadi suguhan bagi tamu-tamu pejabat saat berkunjung ke daerah. Rasanya yang manis dengan daging buahnya yang tebal menjadikan buah ini sangat baik sebagai sumber energi tubuh. Apalagi manfaat buah lengkeng juga sangat banyak.
Untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen, buah musiman ini sering dibuat dalam bentuk makanan kaleng atau dijadikan sirup. Tanaman lengkeng yang hanya bisa tumbuh baik di kawasan tinggi dan agak dingin ini juga dikenal banyak manfaatnya, dari akar, kayu, hingga daunnya. Masyarakat China yang terkenal dengan pengobatan herbalnya telah lama memanfaatkan tanaman lengkeng sebagai obat.
Buah lengkeng juga dikenal sebagai "mata naga" dalam bahasa Vietnam atau "mata kucing" dalam bahasa Melayu, karena ketika kulit luar buah lengkeng yang dikupas, menyerupai mata.
Lengkeng Buah adalah buah biji tunggal dengan benih yang bulat, keras dan berwarna hitam. Kulit luar buah lengkeng adalah cokelat terang atau cokelat berwarna pekat bila sudah matang sekali.
Buah ini digunakan untuk keperluan memasak di Tenggara masakan Asia, terutama masakan Vietnam di mana buah ini digunakan dalam makanan penutup serta untuk membuat sup dan hidangan gurih. Buah lengkeng manis dalam rasa dengan daging yang sangat juicy dan lezat.
Buah lengkeng terkait erat dengan buah leci dan rambutan dalam pengertian kemiripan di antara keduanya. Sebagai bagian dari buah pribumi asal Asia Tenggara, buah ini banyak dibudidayakan di Cina dan beberapa negara-negara tetangganya. Dibandingkan dengan leci, lengkeng yang manis, namun, kurang berair.
Buah-buahan ini dikonsumsi telanjang atau dalam bentuk dimasak atau di keringkan. Bahkan yang kalengan yang tersedia di pasar. Di negara-negara tertentu, lengkeng digunakan dalam makanan penutup, sup, dan makanan ringan. Di atas semua, juga digunakan dalam pengobatan tradisional Cina.
Fakta Buah lengkeng
Sebagaimana disebutkan di atas, buah-buahan ini terkait dengan leci dan biasanya disebut sebagai adik lychee dan namanya kadang disalah artikan sebagai litchi. Kedua buah ini milik keluarga Sapindaceae yang sama, namun, genera berbeda. Sementara leci milik Litchi genus, lengkeng milik Dinocarpus genus.
Lengkeng juga dikenal sebagai Euphoria longana. Secara lokal, buah ini dikenal sebagai buah mata naga, sebagai black seed tunggal di dalam daging transparan menyerupai bola mata (naga?).
Buah lengkeng matang akan hampir berbentuk bulat dan sedikit lebih besar dari zaitun. Kulit kasar buah ini ditemukan untuk menjadi kurus dan rapuh, dengan warna kecoklatan. Ada berbagai jenis lengkeng. Beberapa varietas seperti coklat dan hitam-unggulan-unggulan versi yang lebih manis daripada yang lain.
Singkatnya, lengkeng mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Buah-buahan ini menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan juga. Mereka juga digunakan dalam pengobatan tradisional China, karena manfaat kesehatan. Di Cina dan negara-negara tetangganya, lengkeng telah digunakan sebagai obat untuk masalah perut, seperti, infeksi dan rasa sakit. Hal ini juga dikatakan bermanfaat untuk penyembuhan luka dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga disebut-sebut akan berguna untuk melawan kelelahan, kegelisahan dan depresi. Dikatakan untuk meningkatkan tingkat penyerapan zat besi dalam tubuh dan sebagainya, digunakan sebagai obat untuk anemia. Menjadi kaya kalium, lengkeng diyakini efektif dalam mempertahankan tekanan darah normal dan untuk memeriksa masalah jantung. Hal ini juga diklaim berguna dalam mempromosikan kesehatan mulut dan kulit.
Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang buah, Anda dapat melakukan studi yang lebih mendalam. Jadi, ini buah bergizi dapat dimasukkan dalam diet Anda, sehingga untuk menuai manfaat kesehatan. Namun, menghindari over konsumsi.
Kandungan dan Manfaat Buah Lengkeng
Buah lengkeng kaya dengan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi utamanya adalah energi, khususnya yang berasal dari sukrosa dan  glukosa sehingga buah lengkeng rasanya manis. Buah lengkeng juga banyak mengandung gizi lainnya, seperti protein, lemak, vitamin A dan B, serta berbagai senyawa lainnya.
Dengan kandungan gizinya, manfaat buah lengkeng diantaranya untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, mengatasi penyakit cacingan, menyembuhkan hernia, keputihan, menguatkan limfa, meningkatkan dan melancarkan sel-sel darah merah. Buah ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan usus dan membantu penyerapan gizi makanan oleh tubuh.
Selain buahnya, bagian lain dari pohon lengkeng juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Daunnya bermanfaat untuk menyembuhkan radang dan mengatasi demam tinggi, sedangkan akar pohon lengkeng berguna dalam melancarkan aliran darah dan peluruh kecing.
Sedangkan biji lengkeng yang berbentuk bulat hitam juga berguna dalam dunia pengobatan dan sering dimanfaatkan untuk menghentikan pendarahan dan penghilang rasa sakit. Kandungan saponin dalam biji buah lengkeng ternyata juga berguna dalam pembuatan sampo.
Obat Penenang
Kandungan mineral dan fitokimia dalam buah lengkeng juga berguna sebagai penenang dan menjaga kesehatan jantung. Para tabib China umumnya memanfaatkan buah lengkeng dalam membantu mengatasi pasien yang mengalami ketegangan saraf, jantung berdebar, maupun kelainan jantung. 
Dalam sejumlah penelitian juga ditemukan manfaat buah lengkeng dalam membantu mengatasi kegelisahan, sulit tidur, gangguan konsentrasi, serta untuk mengendurkan saraf. Karena itu buah lengkeng juga sangat baik dikonsumsi oleh para wanita karier, eksekutif, maupun pekerja keras yang sering mengalami stress dan ketegangan. 
Jadi kalau Anda sedang stress, gelisah, atau sedang mengalami kelelahan psikis akibat pekerjaan yang menumpuk ataupun dikejar target, kenapa tidak memanfaatkan buah lengkeng ? Buah yang manis ini enak dijadikan sebagai cemilan yang segar maupun dibuat jus. Manis, segar, dan bisa menenangkan pikiran tanpa takut adanya efek samping.
Tahukah Anda?
Nilai Nutrisi pada Buah Lengkeng
Kalori Pada Buah Lengkeng
  • Kalori di Lengkeng untuk 1 ons porsi baku, lengkeng segar sekitar 17 kalori.
  • Kalori lengkeng kering untuk 1 ons adalah 81 kalori.
  • Kalori dalam 1 porsi individu lengkeng kaleng dalam sirup, yang terdiri dari sekitar tujuh segmen lengkeng adalah 120 kalori.
Nutrisi Buah lengkeng
Kita sudah tahu bahwa lengkeng yang rendah kalori. Namun, mereka juga memiliki beberapa manfaat gizi lainnya. Berikut adalah tabel untuk buah lengkeng gizi baku untuk 100 gram.
Gizi Nilai
  • Vitamin B1 (tiamin) 0,031 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 0,14 mg
  • Vitamin B3 (Niacin) 0,3 mg
  • Vitamin C 84 mg
  • Kalsium 1 mg
  • Besi 0,13 mg
  • Mangan 0,05 mg
  • Magnesium 10 mg
  • Fosfor 21 mg
  • Kalium 266 mg
  • Seng 0,05 mg
Beberapa nilai nutrisi lengkeng lainnya adalah:
  • Tinggi di Kalium dan Magnesium: Buah lengkeng yang tinggi kalium dan magnesium dan juga memiliki kandungan serat yang baik.
  • Nol Konten Sodium: Memiliki nol jumlah natrium, yang membuatnya ideal untuk buah dikonsumsi oleh orang yang menderita tekanan darah tinggi.
  • Berisi Mineral Penting: Ini mengandung mineral penting seperti fosfor, besi dan tembaga yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk fungsi yang tepat.
  • Tinggi di Vitamin C: Lengkeng memiliki jumlah yang sangat tinggi vitamin C dan tidak ada lemak jenuh.
  • Digunakan untuk Mengobati Insomnia: Ramuan yang dibuat dengan daging kering dari buah lengkeng digunakan untuk pengobatan insomnia.
  • Tinggi di Antioksidan: Buah lengkeng mengandung antioksidan, yang dapat menetralkan radikal bebas dan melindungi sel-sel kulit dari penuaan.
  • Digunakan untuk Mengobati Gangguan Perut: Lengkeng buah telah lama digunakan dalam pengobatan Cina untuk menyembuhkan penyakit perut.
Khusus untuk lengkeng Kering yang diambil manfaat buah lengkeng nya dari proses pengeringan atau pengolahan lanjut hampir sama dengan lengkeng segar. Sebagai lengkeng yang rendah kalori dan tinggi vitamin C dan fosfor, Anda dapat mengkonsumsi lengkeng ketika di musim.

Sumber :  http://www.anneahira.com/manfaat-buah-lengkeng.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar