mesin pencari

Toko Herbal Ahas menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
Dapatkan harga GROSIR dengan minimal pembelanjaan Rp 250,000,00 (setelah diskon)

HARGA SPESIAL

MENU

PRODUK HERBATAMA

PRODUK HERBATAMA

Selasa, 23 April 2013

KHASIAT UBI JALAR

KHASIAT UBI JALAR


Ubi jalar (Ipoemoea batatas) merupakan tanaman yang populer di masyarakat kita. Tanaman merambat ini tersebar luas di Indonesia. Cara menanamnya tergolong mudah. Tinggal di tancapkan ke tanah, dia pasti tumbuh. Pada dasarnya, ubi jalar sudah di kenal luas oleh masyarakat. Ubi yang rasanya manis dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk dan sajian. Direbus enak, di goreng pun tidak kalah sedapnya. Pada zaman dulu, ubi jalar sering digunakan sebagai menu pembuka sebelum di tutup dengan dengan nasi. Akan tetapi, saat ini seiring dengan pendapatan masyarakat, ubi pelan-pelan ditinggalkan. Digantikan oleh nasi, kentang, atau roti. Padahal, sangat banyak fakta penelitian yang menyatakan bahwa kwalitas gizi ubi, terutama ubi jalar tidak kalah dengan makanan sumber karbohidrat lain seperti nasi, talas, dan kentang. Khasiat itu tidak hanya terdapat pada ubinya. Tetapi juga pada daunya.
KANDUNGAN ZAT GIZI
Para ahli gizi centre for science in the public Interest (CSPI), washington, menempatkan ubi jalar di urutan no 1 diantara bahan pangan lainnya berdasarkan kandungan zat gizinya. Ubi jalar merupakan pangan pengganti utama bagi pangan berlemak. Mereka member skor 184, angka ini jauh di atas urutan kedua (kentang) yang memiliki skor 83. Urutan lainya antara lain adalah brokoli (52), bayam (76), wortel (30), dan tomat (27). Ubi jalar adalah jenis umbi-umbian yang paling lengkap zat gizinya.  Ubi jalar, terutama yang berdaging buah kekuning-kuningan, kaya akan vitamin A dan betakaroten. Kandungan vitamin A-nya mencapai dua sampai emapt kali kebutuhan kita perhari, masing-masing, untuk vitamin A dan betakaroten. Sekitar 40% kebutuhan vitamin C kita perhari dapat di penuhi oleh satu buah ubi jalar ukuran sedang.
Untuk yang kerja berat, ubi jalar juga cocok. Kandungan kalori 200gram ubi jalar setara dengan kalori satu piring nasi. Kemampuanya untuk menahan air, juga membantu keseimbangan air dalam tubuh. Ubi jalar merupakan sumber pangan serat yang baik. Satu buah ubi jalar berukuran sedang mengandung 4 gram serat. Ini kira-kira setara dengan 1 buah apel atau semangkok kecil sayur hijau. Yang tidak kalah pentingnya adalah kandungan vitamin dan mineralnya. Ubi jalar mengandung vitamin dan mineral yang relative lengkap. Selain vitamin A dan C, 100hgram ubi jalar juga mengandung vitamin B1 (0,09mg), vitamin B12 (0,05mg), folat (18mcg), dan jalar adalah salah satu yang terlengkap di antara umbi-umbian. Untuk ukuran yang sama, ubi jalar mengandung kalsium (30mg), besi (0,7mg), fosfor (50mg), dan kalium 300mg).
MANFAAT BAGI KESEHATAN
Diantara umbi-umbian (kentang, singkong, dan wortel), ubi jalar memiliki indeks glikemik yang terendah. Ukuran indeksglikemik menunjukan kecepatan menaikan kadar glukosa darah. Makin tinggi glikemik yang terkandung dalam pangan tersebut menaikan kadar glukosa darah. Oleh karenanya ubi jalar mencegah penyakit diabetes mellitus (penyakit akibat kadar gula darah tinggi). Mengapa demikian..? kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam ubi jalar menyebabkan pangan ini di cerna secara lamba. Akibatnya adalah kadar gula darah naik secara perlahan-lahan.
Berbagai metode diet terkenal, seperti South Beach Diet, Atkin’s Diet, dan Sugarbuster diet, menganjurkan untuk mengganti nasi atau kentang dengan ubi jalar. Ini di dasarkan pada perannya mengendalikan kenaikan kadar gula darah, mampu mendorong pembakaran lemak. Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam ubi jalar memungkinkanya mencegah berbagai macam jenis penyakit. Betakaroten diketahui merupakan antioksidan yang kuat ubntuk mencegah aksi radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh. Dengan kandungan beta karotennya yang tinggi, ubi jalar berperan mencegah penyakit akibat tekanan oksidatif, seperti kanker.
Ubi jalar juga berperan memelihara saluran pencernaan. Serat dalam ubi jalar, terutama ketika dimakan bersama-sama dengan kulitnya, dapat mencegah konstipasi (susah buang air besar) dan kanker usus besar. Perokok aktif dan pasif beresiko kekurangan vitamin A. oleh karena itu, daripada membeli sebungkus rokok, ada baiknya membeli sekilo ubi jalar kunin, Karena dia dapat menyumbangkan vitamin A yang baik untuk kebaikan paru-paru (sebagai anti oksidan). Ibu hamil juga perlu mengonsumsi ubi jalar untuk mendapatkan folat yang tergantung di dalamnya. Folat berguna untuk pertumbuhan sel dan jaringan untuk perkemebangan janin.
Kandungan kalium yang tinggi dalam ubi jalar menggolongkannya sebagai pangan yang menjaga keseimbangan cairan didalam di dalam tubuh. Ion kalium bersama-sama dengan natrium merupakan komponen cairan intra dan ekstraseluler. Gangguan keseimbangan cairan antara intra dan ekstraseluler menyebabkan gangguan pada tekanan darah dan pada akhirnya dapat memicu serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, mulai sekarang mulailah melirik ubi jalar. Jangan menganggap sepele terhadap ubi yang satu ini! Berbagai fakta ilmiah telah mengungkapkan khasiatnya. Dua buah ubi jalar rebus serta secangkir the hangat cocok untuk pilihan menu sarapan. Atau, dua buah ubi jalar goreng bisa menjadi selingan di sore hari. Selamat mencoba.! 
 
Sumber : http://seberkassinardharma.blogspot.com/2012/05/khasiat-ubi-jalar.html

1 komentar:

  1. Aslm….
    Peluang Usaha Baru
    Sabun Lulur Kita membuka kesempatan bagi Anda untuk peluang usaha hanya dengan
    modal Rp. 63000,- (6 pcs) keuntungan 30 % dan Rp 108.000,- (12 pcs) keuntungan 40 % .sudah dapat menjual produk kami dengan harga pasar
    Rp 15.000,-
    Keuntungan bisa mencapai 30 – 60 %
    bisa unutuk kulit gatal - gatal dan kulit sensitif
    Cp : 08567441167
    Selengkapnya bisa di lihat di :
    www.sabunlulurkita.blogspot.com & http://tokoherbalahas.blogspot.com

    BalasHapus