mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Sabtu, 06 April 2013

Buah Kawista yang Nikmat dan Sehat

Buah Kawista yang Nikmat dan Sehat

buah sirop kawis

Sirup Kawista atau Sirup Kawis baru saja Blog Keluarga terima dari tetangga yang baru pulang balik dari mudik di pulau Jawa. Pemberian ini sebagai oleh-oleh dari kampung halaman katanya. Setelah dikocok (sesuai petunjuknya) baru diminum ternyata rasanya dahsyat, bisa dibilang seperti Cola. Karena penasaran coba cari informasi tentang Kawista atau Kawis ini di Search Engine.

Buah Kawista dari hasil pencarian ternyata bukan buah asli Indonesia. Habitat asli ternyata di India. Tumbuhan ini juga tumbuh di daerah Srilanka, Myanmar dan Asia Tenggara. kalo di Indonesia banyak tumbuh di daerah Pantai Utara, Aceh dan pulau Bali. Kalo di Bali disebut Kusta.

Buah Kawista memiliki ciri khas berbentuk bulat, berkulit keras, bersisik dan berwarna coklat putih. Daging buahnya berbau harum berwarna coklat kehitaman. Buah kawista yang telah cukup matang akan jatuh dari pohonnya. Dengan kulit yang keras membantu isi buah tetap utuh dan bisa dikonsumsi ketika matang dan jatuh ke tanah. Sayangnya masih kurang termanfaatkan di segala aspek.

Buah Kawista selain rasanya yang nikmat, juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Sangat segar untuk asupan penambah stamina. Kulit batang pohon diyakini bisa membantu memperbaiki haid yang kurang teratur. Selain itu juga bisa untuk mengatasi gangguan hati, mual-mual, sampai luka akibat gigitan serangga.

Buah Kawista banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmatinya. Namun yang paling tersohor adalah dibuat jus dan menikmatinya secara langsung setelah masak dari pohonnya. Caranya, pecahkan dulu kulit cangkangnya yang keras. Setelah buahnya terbuka, langsung kerok dengan menggunakan sendok. lalu tuang kedalam mangkuk dan taburi gula. Kawis legit dan segar siap disantap. Dengan es batu lebih segar, atau dengan cara anda masing-masing.

buah sirop kawis

Buah Kawista memang tidak populer. Blog Keluarga saja baru tahu setelah menerima oleh-oleh. Mudah-mudahan kedepannya tanaman ini bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia,,, itung-itung gantinya Cola yang banyak bahan kimianya yang sintetis sebagai cola yang alami rasa jawa.

Sumber : http://www.hennyfaridah.name/2010/09/buah-kawista-nikmat-sehat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar