mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Jumat, 05 April 2013

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manfaat Daun Jeruk Purut

manfaat daun jeruk purut
Jeruk purut (nama latin : Citrus hystrix) merupakan salah satu jenis buah jeruk yang memiliki ukuran terkecil. Buahnya berwarna hijau tua dan umumnya ukuran maksimal  buahnya berdiameter 2cm. Yang menjadikan buahnya khas adalah bentuk yang berkerut-kerut yang menjadikannya sangat mudah untuk dikenali. Bentuk daun jeruk purut juga sangat khas, seperti dua helai daun yang bergabung menjadi satu. Bagian pinggirnya tebal, warna daun ketika muda hijau keunguan sedangkan daun yang sudah tua warnanya hijau tua yang seolah dilapisi dengan malam.


Manfaat daun jeruk purut yang paling utama adalah digunakan sebagai bumbu rempah terutama untuk masakan Asia. Rasanya yang khas biasa digunakan para juru masak untuk menambahkan aroma jeruk yang kuat. Sebagian besar juru masak menggunakan daun jeruk segar sebagai penyedap rasa, namun beberapa juga menggunakan daun yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Cara menggunakannya juga sangat mudah, tinggal masukkan daun jeruk purut utuh ketika sedang menumis bumbu masakan atau bisa juga di rajang terlebih dahulu agar aromanya lebih muncul.

Manfaat daun jeruk purut selain digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, ternyata juga diambil minyaknya sebagai bahan wewangian. Kandungan utama minyak daun jeruk purut adalah minyak astiri citronelal (80%), sisanya adalah citronelol (10%), nerol dan limonena. Memang belum ada penelitian yang lebih lanjut tentang manfaat daun jeruk, namun minyak daun jeruk purut juga dipercaya mampu menyuburkan rambut. Selain itu, daun jeruk purut juga dipercaya berkhasiat untuk menambah stamina ketika selesai mengerjakan pekerjaan berat.

Referensi : Wikipedia dan berbagai sumber lainnya.

Sumber : http://tentangjeruk.blogspot.com/2012/06/manfaat-daun-jeruk-purut.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar