mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Senin, 01 April 2013

Sekilas Tentang Jambu Biji

Sekilas Tentang Jambu Biji


Jambu biji adalah buah ajaib yang sangat akrab di sekitar kita, banyak masyarakat yang mengetahui tentang jambu biji.

Buah yang satu ini mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan juga sebagai sumber mineral yang berguna untuk menangkal jenis penyakit degenerative dan membantu menjaga kebugaran tubuh. Dan, dalam daun serta batangnya terdapat kandungan zat anti bakteri yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Secara taksonomi, jambu biji masuk ke dalam tanaman perdu yang tingginya bisa mencapai 10 meter, namun mempunyai kelebihan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan kemampuan regenerasinya sangat baik. Sangat mudah tumbuh di segala macam musim dan pada ketinggian sekitar 5-1200 meter di atas permukaan laut.



Di lihat dari sejarahnya, buah ini berasal dari daerah Amerika Tengah, lebih tepatnya di Negara Brasil. Kemudian menyebar ke berbagai Negara di kawasan Asia, seperti Thailand, Indonesia, dll. Jambu biji ini, di banyak Negara dianggap sebagai tanaman terpenting. Sekarang ini, tanaman ini banyak ditanam di seluruh pelosok dunia, paling banyak di Negara tropis.

Di Indonesia ada beberapa daerah yang menjadi sentra produksi buah ini, diantaranya DKI Jakarta, Jabar meliputi Karawang dan Cirebon, Jawa Tengah meliputi Grobogan, Pekalongan, Jepara, Kudus, Purbalingga, Cilacap, Gombong, Wonogiri, Semarang dan Sukoharjo, DIY meliputi Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan dan Sumatera.

Sebagai Tanaman Serbaguna

Tanaman jambu biji adalah tanaman dari jenis perdu yang mempunyai banyak cabang. Bagian dari tanaman ini yang sering dimanfaatkan adalah bagian daun, buah dan kulitnya. Daun jambu seringkali dipakai sebagai obat diare, dan berbagai macam penyakit yang banyak berhubungan dengan pencernaan.

Daun jambu memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi, terutama quercetin. Senyawa tersebut bermanfaat sebagai antibakteri, contohnya untuk mengobati diare. Kandungan Polifenolnya bermanfaat sebagai antioksidan.

Hampir sama dengan daun jambu, kulit batangnya mempunyai manfaat sebagai antibakteri. Kedua bagian tersebut mempunyai sifat toksik pada beberapa bakteri yang dapat menyebabkan diare. Sedangkan untuk bagian yang paling penting adalah buahnya. Buah dapat dikonsumsi dengan berbagai bentuk seperti pasta, jeli, selai, jus, dan dodol.

Jenis jambu biji

Untuk bentuknya sendiri sangat bervariasi, mulai dari bulat sampai lonjong dan aromanya juga wangi. Rasanya sendiri sangat khas, yakni manis, manis asam maupun asam. Rasa yang khas disebabkan adanya senyawa eugenol. Kulit buahnya sangat tipis dengan warnanya hijau sampai berwarna kuning. Bijinya pun sangat bervariasi dari yang sedikit sampai banyak. Panenya tidak mengenal musim, bisa panen sepanjang tahun.

Ukuran buahnya juga sangat bervariasi, ada yang diameternya 2,5 cm, bahkan sampai diameter 10 cm. masyarakat banyak yang menyukai buah jambu biji yang mempunyai daging lunak dan tebal, dengan rasa yang manis, mempunyai biji sedikit dan ukuran buah besar.

Di seluruh dunia diperkirakan ada 150 jenis jambu biji. Di Indonesia sendiri jenis jambu yang banyak ditanam dari jenis jambu pasar minggu, jambu kamboja, jambu sukun, jambu apel, jambu susu putih, jambu Palembang, jambu Australia, jambu sari dan jambu harum manis.


Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Perlemakan Hati

Berbagai manfaat jambu biji sudah diulas sebelumnya. Termasuk khasiat daun jambu biji yang memiliki ragam kegunaan seperti menurunkan kadar glukosa pada penderita diabetes dan mencegah infeksi pada luka luar seperti benturan, sayatan maupun luka bakar ringan.

Untuk penyakit kronis seperti diabetes, daun jambu biji segar, ekstrak maupun yang sudah berbentuk teh harus dikonsumsi secara teratur agar benar-benar terasa manfaatnya. Kali ini saya juga ingin membahas tentang manfaat daun jambu biji untuk penyakit kronis lainnya yakni perlemakan hati dan penyakit yang dapat menyertainya.

Apa itu perlemakan hati? Adalah masalah kesehatan yang timbul apabila sel-sel hati menimbun banyak lemak. Sering terjadi pada orang dengan obesitas dengan umur lebih dari 30. Tidak jarang orang dengan perlemakan hati memiliki batu empedu, penurunan fungsi hati, diabetes tipe 2 dan penyakit auto imun.


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ming Gao dari Mukogawa Women's University, Jepang. Mengungkap manfaat daun jambu biji untuk mengurangi perlemakan hati. Penelitian yang dipublikasikan pada februari 2012 oleh jurnal Nutrition & Metabolism ini didasari dari meningkatnya sindrom metabolisme karena perubahan diet dan pola makan masyarakat modern.

Studi ini dilakukan pada binatang percobaan tikus yang dibagi menjadi dua yakni kelompok tikus yang diberi ekstrak daun jambu biji dan kelompok kontrol. Hasilnya trigliserid hati pada tikus yang diberi ekstrak daun jambu biji menurun dengan drastis dibandingkan dengan kelompok kontrol. Secara singkat terjadi perbaikan resistensi insulin karena terjadi perbaikan pada sel-sel hati yang berlemak.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji mungkin memiliki efek pencegahan akumulasi lemak hati dan resistensi insulin di hati diperbaiki dengan meningkatkan sistem beta-oksidasi adiponektin. Daun jambu biji mungkin berpotensi berguna untuk steatosis hepatik tanpa efek samping karena pengobatan jangka panjang", kata Ming Gao.


Kandungan Jambu Biji Merah

Beberapa orang mengatakan bahwa rasa dari buah jambu biji atau buah klutuk mirip dengan buah pir atau melon. Buah ini dapat dinikmati secara langsung maupun dibuat jus. Jambu biji yang nama latinnya Psidium Guajava mempunyai banyak manfaatuntuk kesehatan. Berbagai jenis penyakit dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin. Disamping sangat baik untuk kesehatan, jambu biji ini mempunyai harga yang relatif sangat murah bila kita bandingkan dengan jenis buah yang lain.
Jambu biji ini termasuk makanan yang tumbuh di daerah tropis, masuk ke Indonesia dibawa melalui Thailand. Buah ini sangat terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Daun jambu biji ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati diare dan juga batuk. Khasiat yang lain dari buah ini, yakni dapat membantu untuk menyembuhkan penderita DBD.
Buah jambu biji ini kaya akan sumber serat larut. Fungsi dari kandungan serat adalah untuk melindungi usus besar. Banyak orang yang bertanya, apa saja kandungan jambu biji merah? Berikut beberapa kandungan jambu biji merah.
Kandungan Gizi Jambu Biji:
Nilai gizi per 100 g.
·         Asam pantotenat 0.451 mg 9%
·         Air 86 gram
·         Besi 0,26 mg 3%
·         Crypto-xanthin-ß 0 mcg
·         Elektrolit
·         Energi 68 Kcal 3,5%
·         Folates 49 mcg 12,5%
·         Fosfor 11 mg 2%
·         Kalium 417 mg 9%
·         Kalsium 18 mg 2%
·         Karbohidrat 14,3 g 11,5%
·         Kolesterol 0 mg 0%
·         Lycopene 5204 mcg
·         Magnesium 22 mg 5,5%
·         Mangan 0,150 mg 6,5%
·         Mineral
·         Natrium 2 mg 0%
·         Niacin 1,084 mg 7%
·         Phyto-nutrisi
·         Protein 2,55 g 5%
·         Pyridoxine 0,110 mg 8,5%
·         Riboflavin 0,040 mg 3%
·         Selenium 0.6 mcg 1%
·         Seng 0,23 mg 2%
·         Serat diet 5.4 g 14%
·         ß-karoten 374 mcg
·         Tembaga 0,230 mg 2,5%
·         Thiamin 0,067 mg 5,5%
·         Total Lemak 0,95 g 3%
·         Vitamin
·         Vitamin A 624 IU 21%
·         Vitamin C 228 mg 396%
·         Vitamin E 0,73 mg 5%
·         Vitamin K 2.6 mcg 2%


Khasiat Daun Jambu Biji

Di artikel Kandungan Daun Jambu Biji sudah dijelaskan beberapa khasiat daun jambu biji misalnya untuk dodoran alami, mengobati luka memar dan sebagai obat diare. Sedangkan di artikel  Manfaat Jambu Biji juga sudah ada beberapa manfaat daun ini seperti untuk mempercepat penyembuhan batuk, flu dan pilek.

Untuk kepraktisan daun jambu biji biasa dikeringkan dan dibuat teh, jadi tinggal seduh saja sudah bisa mendapatkan khasiat yang terkandung didalamnya. Selain yang sudah disebutkan diatas, dibawah ini adalah beberapa khasiat daun jambu biji:



Diabetes
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central institute untuk penelitian mikrobiologi di tokyo, Jepang. Ditemuukan bahwa teh daun jambu biji efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes. Khasiat daun jambu biji untuk diabetes ini diterbitkan pada tahun 2010 dalam "Nutrisi dan metabolisme". Meminum seduhannya dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang dengan diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi.

Diare dan disentri
Untuk khasiat daun jambu biji yang satu ini kebanyakan orang terutama orang jawa sudah tau. Jamu daun jambu biji bisa diracik sendiri dirumah. Berikut ini adalah resep yang bisa dicoba dirumah:

- ambil daun jambu biji yang masih muda (utamakan yang pucuk), 2-3 lembar saja sudah cukup kemudian cuci bersih
- Daun yang masih muda ini bisa dimakan langsung dengan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya atau bisa juga direbus terlebih dahulu. Jika tersedia dalam bentuk teh maka cukup diseduh saja dengan air panas.
- Apabila kurang suka dengan rasanya bisa menambahkan madu sebagai pemanis.
Mencegah infeksi luka luar
Sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria, universitas Federal Technology mengungkap khasiat daun jambu biji untuk mengobati luka luar seperti pada luka sayat, benturan, lecet dan lain sebagainya. Kandungan anti bakterinya mencegah infeksi dan kandungan steroid mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Saat beraktifitas diluar ruangan sedangkan tidak menyediakan obat luka maka khasiat daun jambu biji bisa dimanfaatkan dengan cara mengoleskan tumbukan daunnya.
 
 

Manfaat Buah Jambu Biji

Buah yang satu ini sangat digemari masyarakat, buah ini terkenal dengan dagingnya yang lunak, manis rasanya, berbiji dan ukuran buahnya sedikit besar. ada beberapa jenis buah jambu yang sangat diunggulkan, seperti jambu Bangkok, jambu Pasar Minggu, jambu Palembang, jambu apel, jambu sari, jambu sukun, jambu merah getas dan jambu merah. Selain itu buah ini juga sangat kaya manfaat, berikut akan dijelaskan manfaat buah jambu biji.

Beberapa Manfaat Buah Jambu Biji :
1. Dr. James Cerda menjelaskan, dengan mengkonsumsi jambu biji antara 0,5 sampai 1 kg dalam sehari dan dilakukan selama 4 minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung sebesar 16 persen.

2. Di dalam jambu merah terdapat kandungan likopen tinggi, oleh sebab itu jus buah jambu merah di Indonesia sering digunakan dalam meningkatkan kadar trombosit pasien demam berdarah meskipun belum ada penelitian yang kuat mengenai manfaat ini.


3. Singh Medical Hospital & Research Centre Morabad , dari India melakukan studi yang menunjukkan bahwa jambu biji mampu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi, kadar kolesterol dan trigliserida darah.

4. Berguna untuk mengendalikan keseimbangan cairan sel tubuh dan jaringan.

5. Mengatur proses pengiriman zat gizi ke dalam sel-sel tubuh.

6. Membuat kontraksi otot menjad aktif.

7. Dalam jambu biji terdapat kandungan kalium yang berguna dalam meningkatkan keteraturan dari denyut jantung.

8. Kandungan lain di dalam jambu biji yakni antioksidan untuk melawan kanker, dan likopen, merupakan zat non gizi selain serat. Likopen berfungsi sebagai karatenoid atau pigmen penting yang ada di dalam tanaman dan terdapat pada darah sekitar 0,5 mol/liter darah, serta mempunyai aktivitas sebagai antioksidan. Kandungan likopen yang ada dalam jambu biji sangat mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan likopen dari tomat yang mempunyai perbedaan struktur dalam selnya.

Bila kita mengkonsumsi likopen dalam jumlah yang cukup akan berpengaruh pada pria terhadap penurunan risiko kanker prostat. Konsumsi jambu biji dengan daging merah mampu memberikan efek perlindungan tubuh terhadap beberapa jenis kanker.

9. Manfaat jambu biji yang lain yakni anti radang, anti diare, dan menghentikan terjadinya pendarahan contohnya pada pasien DBD.

10. Daun jambu biji atau buah jambu biji yang dimakan mentah dipercaya mampu mengobati batuk, buahnya dapat juga dibuat jus. Cara kerja dari ramuan ini adalah mengurangi terbentuknya lendir dan menjadikan saluran pernapasan bebas dari infeksi. Memang buah jambu biji mempunyai kandungan yang sangat kaya akan vitamin C dan juga zat besi yang sangat efektif dalam menghambat infeksi dari virus flu.

11. Kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji adalah zat antibakteria yang membantu pertumbuhan bakteri ketika terkena disentri. Dan dalam buah ini juga terdapat karetinoid, potassium dan vitamin C yang berguna untuk membunuh bakteri.

12. kandungan astrinet yang terdapat pada jambu biji mampu meningkatkan tekstur kulit serta membuat kulit yang mulai kendur menjadi kencang kembali.

13. Tingginya kandungan serat dalam jambu biji sangat baik dalam mencegah terjadinya sembelit maupun konstipasi. Buah jambu biji dengan ukuran sedang mempunyai kandungan 36% kebutuhan serat yang sangat direkomendasikan. Adapun bijinya juga sangat membantu dalam membersihkan sistem pembuangan dalam usus.
 
 

Morfologi Jambu Biji


Benua Amerika merupakan tempat dimana jambu biji berasal, jambu biji ini banyak tumbuh di daerah tropis diantaranya seperti Mexico, Amerika Serikat dan juga Indonesia. Di Indonesia, jambu biji terkenal dengan banyak sebutan. Ada beberapa orang yang menyebutnya jambu klutuk, jambu prawas dan masih banyak lagi. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai morfologi jambu biji, ada baiknya kita lihat urutan takson jambu air atau Psidium Guajava L:

Kingdom   : Plantae
Divisi         : Spermatophyta
Subdivisi    : Angiospermae
Kelas         : Dicotyledonae
Ordo         : Myrtales
Famili        : Myrtaceae
Genus        : Psidium
Species      : Psidium guajava Lynn


Sampai sekarang ini jambu biji yang mempunyai daging merah sangat terkenal karena mempunyai khasiat untuk mengobati dan juga mencegah demam berdarah, untuk menjaga stamina tubuh, menambah energi serta membersihkan usus. Jambu biji merah ini sangat cocok bila digunakan dalam terapi penyembuhan diabetes mellitus, karena jambu biji mempunyai kandungan kalori dan glukosa yang rendah. Disamping itu jambu biji merah juga dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan, mengatasi sariawan, anti kanker, mencegah konstipasi, melancarkan saluran pencernaan dan membantu membersihkan darah.
Morfologi jambu biji
1. Akar (Radix)
Akar merupakan bagian pokok nomor tiga dalam jambu biji setelah batang dan daun. Sistem dari perakarannya yakni sistem akar tunggang. Untuk akar tunggang yang dimiliki jambu biji adalah jenis akar tunggang bercabang.
2. Batang (caulis)
Tumbuhan biji belah jika dilihat secara umum memiliki batang dengan bagian bawahnya yang lebih besar dan akan semakin mengecil ke ujungnya. Cabang jambu biji mempunyai bentuk berkayu, permukaan licin serta bagian kulit yang mati terlihat mengelupas.
·         Batangnya sendiri tumbuh tegak lurus atau erectus.
·         Mempunyai cabang sirung pendek/ virgula atau virgula sucre scens.
3. Daun (folium)
Bagian ini adalah bagian yang penting karena fungsinya yang digunakan untuk mengambil zat-zat makanan, respirasi dan asimilasi transparansi. Dapat digolongkan untuk daun jambu biji adalah daun yang tergolong tidak lengkap, karena strukturnya sendiri dari tangkai dan helaian saja. Oleh sebab itu sering disebut daun bertangkai.
 

Kandungan Daun Jambu Biji

Kandungan daun jambu biji seperti saponin, minyak atsiri, tanin, anti mutagenic, flavonoid, dan alkaloid belakangan ini dijadikan bahan penelitian oleh mahasiswa Universitas Muhamadiyah Yogyakarta untuk digunakan sebagai deodoran alami. Itu karena daun jambu biji yang bersifat anti-bakteri dapat melawan pertumbuhan Staphylococcus Epidermis yang merupakan penyebab bau badan.

Tim riset mahasiswa jurusan pendidikan kimia Hilman Qutdratuddarsi, Hendra Tukantari, Ainur Khafid dan Fariz Rifai menyatakan bahwa dengan ditumbuk saja, kandungan daun jambu biji sudah dapat menghilangkan bau badan apalagi manfaat jambu biji dapat menjaga kesehatan kulit. Ini tentunya merupakan nilai tambah.
"Daun ini cocok jadi deodoran alami, apalagi jika dibuat ekstraknya," kata Hilman saat mempresentasikannya. Penelitian ini berawal dari kebiasaan masyarakat Nusa Tenggara Barat tepatnya di  Desa Jorok, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa Besar. Mereka biasa menggunakan tumbukan daun jambu biji untuk dipakai di ketiak dengan tujuan untuk menghilangkan bau badan.
Jauh-jauh hari dari orang tua, kita diajarkan bahwa kandungan daun jambu biji dapat mengobati diare dan disentri. Astrigent dalam daun jambu biji bersifat alkasi dan mampu membunuh kuman penyebab diare dan disentri. Rebusan beberapa lembar daun jambu biji saja sudah mampu menghentikan diare.

Tidak sampai disitu saja, di Bali masyarakat memanfaatkan kandungan daun jambu biji sebagai obat memar karena kandungan steroid sebagai bahan anti-inflamasi (anti-radang) yang dimilikinya. Meskipun belum ada penelitian yang khusus meneliti tentang manfaat ini tetapi ini merupakan informasi menarik yang layak dicoba.

Kandungan daun jambu biji yang lain yakni anti oksidan, merupakan bahan yang bersifat protektif terhadap sel. Meskipun kemampuannya lebih rendah dari vitamin E tetapi jangan lupa bahwa daun jambu biji memiliki kandungan lain yang bermafaat seperti disebutkan diatas sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam obat dan keperluan.
 sumber : http://manfaatjambubiji9.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar