mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Minggu, 09 Juni 2013

Manfaat lobak putih dapat menetralisir racun dalam tubuh

Tanaman yang memiliki nama Raphanus sativus L ini merupakan tumbuhan semusim. Memiliki ketinggian sekitar 1 meter dengan batang yang lunak membentuk umbi bewarna putih pucat. Daun dari lobak berbentuk tunggal dengan buah lonjong berwarna cokelat.

Rasanya yang sedikit pedas dengan bau khas yang agak menyengat, membuat banyak orang kurang menyukai lobak. Padahal, menurut ilmu kedokteran tiongkok, lobak putih atau lobak Cina sangat baik untuk kesehatan dan organ vital manusia.

Komposisi

Lobak mengandung karbohidrat, energi, vitamin, mineral, kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, serat, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C, niacin, rafarin, rafanol dan minyak atsiri.

Di balik kelezatan lobak (Raphanus sativus Linn), umbi ini ternyata punya banyak khasiat dalam pengobatan tradisional. Lobak bersama beberapa herba lain.

Diantaranya adalah :

Mengatasi insomnia atau menenangkan saraf.


Lobak adalah tanaman sayur berkhasiat obat. Pada umumnya, tanaman sayur dapat digunakan untuk mengatasi insomnia atau sulit tidur. Begitu pula lobak, dapat digunakan untuk mengatasi sulit tidur. Selain anti-insomnia juga bersifat hipnotis dan saporifis.

Seperti dikatakann Ir WP Winarto dan Tim Lentera-nya dalam bukunya yang membahas tentang tanaman sayur, insomnia merupakan ketidakmampuan seseorang untuk tidur karena ketegangan saraf atau asiditas yang berlebihan di dalam sistem tubuh.

“Insomnia atau sulit tidur dapat diatasi dengan mengonsumsi tanaman sayur yang bersifat anti-insomnia, hipnotis dan saporifis. Tanaman sayur memiliki alkaloid yang membuat saraf tegang menjadi lebih rileks,” katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, kegelisahan penderita insomnia akan berkurang, menjadi lebih tenang dan dapat tidur nyenyak. Selain itu dapat digunakan pula kol dan bawang-bawangan.

Menurut Ir WP Winarto, tanaman sayur merupakan asupan yang memiliki nilai lebih dalam mengontrol berat badan. Obesitas terjadi karena berat badan melebihi kebutuhan rangka dan fisik seseorang. Hal itu disebabkan akumulasi lemak di dalam tubuh yang berlebihan.

Caranya cukup di jus dan diminum airnya.

Serak dan Gangguan Hidung Tenggorokan


Pada sisi lain Ir WP Winarto mengetengahkan beberapa manfaat lobak untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Beberapa resep disampaikannya untuk mengatasi gangguan pada hidung dan tenggorokan.

Untuk cegukan dan tersedak, misalnya, disarankan untuk mempergunakan rimpang jahe dan umbi lobak secukupnya. Rimpang jahe dilumat dan dijus bersama lobak. Tambah madu secukupnya dan dituangkan ke dalam air panas secukupnya. Hasilnya diminum sekaligus. Lakukan cara ini sehari satu kali.

Sementara bila mengalami ingusan atau ingus keluar terus-menerus, ambil saja 1 lobah besar, dibersihkan, dipotong-potong dan dijus dengan air secukupnya. Diminum sekaligus satu jam sebelum makan pagi.

Bagi para penyanyi, bila tenggorokan terasa serak, dapat dihilangkan dengan lobak. Khusus untuk mennghilangkan rasa serak, ada tiga cara disampaikan Ir WP Winarto dan Tim Lentera-nya.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan 150 gram umbi lobak dan 20 gram gula putih. Kedua bahan itu diblender dengan air secukupnya. Hasilnya diminum sekaligus, maka serak akan berkurang dan hilang.

Batuk, Demam dan Susah Buang Air Kecil 

Batuk: Akar Lobak 5 buah
Gula secukupnya
Cara pembuatan:
Lobak diparut kemudian diperas dan disaring. Beningannya ditambah gula secukupnya. Diamkan semalam dan enaptuangkan.
Cara pemakaian:
Diminum 1 kali sehari 1 ramuan.
Lama pengobatan:
Diulang selama 7 hari.

Demam

Orang yang sering menderita demam dianjurkan makan sayuran lobak. Lobak dapat melancarkan air seni.

Ginjal




Penyakit penurunan fungsi ginjal merupakan penyakit yang sangat berbahaya. gejala-gejala yang timbul biasanya adalah penurunan kadar HB darah, badan lemas, buang air kecil sedikit, tidak mau makan, mual, pusing dan lainnya. jika hal ini dibiarkan maka penyakit ini akan berubah menjadi Gagal Ginjal Kronik. gagal ginjal kronik tida ada obatnya, selain transplantasi ginjal baru dari orang yang sehat.

jika sudah terkena gagal ginjal kronik maka pasien terpaksa harus menjalani sisa hidupnya dengan melakukan cuci darah 2-3 kali seminggu dengan durasi 3-5 jam...

jika gejala seperti diatas sudah tampak maka langkah baiknya langsung diantisipasi, salah satunya dengan mengonsumsi lobak china. adapun resepnya adalah :

Lobak (1/2 Kg) dengan Gula batu (1/4 Kg) diblender dengan 8 gelas air. kemudian didiamkan selama 8 jam dan airnya diminum pada pagi hari dan sore hari. Jika masih gejala ringan dan untuk pencegahan cukup dilakukan sekali seminggu. Namun jika sudah parah harus dilakukan setiap hari.

Dari berbagai sumber.

Sumber : http://ferisabarna.blogspot.com/2012/01/manfaat-lobak-putih-dapat-menetralisir.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar