mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Kamis, 28 Februari 2013

Kandungan dan Manfaat Kunyit Putih

Kandungan dan Manfaat Kunyit Putih

Manfaat Kunyit Putih
Kunyit atau yang juga biasa dikenal dengan nama kunir, merupakan tumbuhan obat yang persebaran tumbuhnya meliputi Asia Tenggara, Afrika dan juga Australia. Kunyit cukup populer sebab kandungan senyawa aktifnya cukup kompleks. Komponen obat yang digolongkan ke dalam kerabat Zingiberaceae ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Ada beberapa jenis kunyit, ada yang rimpangnya (bagian umbi) berwarna kuning cenderung ke oranye dan ada pula kunyit yang berwarna putih. Di pasaran, permintaan terhadap kunyit kuning cenderung lebih dominan ketimbang kunyit putih. Padahal, meski ukuran kunyit putih lebih mini tetapi manfaatnya tak kalah besar ketimbang kunyit kuning. Mau tahu manfaat kunyit putih? Berikut uraiannya.

Kandungan Kunyit Putih

Sama seperti kunyit dengan warna kuning, kunyit putih juga kurang lebih mengandung senyawa seperti kurkuminoid yang secara detil teridiri dari kurkumin, bosdesmetoksikurkumin, desmetoksikurkumin, keton sesquiterpen, tumeron, tumein, sabinen, felander, dan borneol. Selain itu, kunyit putih juga mengandung lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, mineral, minyak atsiri, pati, serat alami, zat besi, kalsium dan juga fosfor. Mengacu pada kandungan yang kompleks ini, menjadikan manfaat kunyit putih juga beragam.


Penelitian terbaru menyebutkan bawa jenis kunyit putih mangga atau curcuma mangga memiliki efek farmakologis terhadap sel kanker.  Khasiat ini berdasarkan uji coba laboratorium dimana sel kanker yang dikembangbiakkan  untuk kepentingan ilmiah diberikan konsentrat kunyit putih terbukti lumpuh dan tak lagi menyerang sel sehat. Penelitian ini sejalan dengan apa yang dilakukan oleh American Institute of Cancer yang menyatakan bahwa kandungan anti-oksidan pada kunyit putih sangat ampuh mencegah kerusakan DNA yang merupakan biang kanker.

Mengobati Sesak Nafas Hingga Menambah Nafsu Makan

Dengan komposisi senyawanya yang kompleks, manfaat kunyit putih juga ikut kompleks. Dengan konsumsi teratur, kita bisa memperoleh khasiat antara lain memperkuat otot kewanitaan, mengobati rasa gatal pada organ genital wanita terutama yang disebabkan oleh bakteri, memperkuat vitalitas laki-laki, sebagai penurun panas dan demam, mengurangi kadar lemak di perut, memperbaiki saluran pernafasan yang radang atau bronchitis, menghalau asma, menaggulangi masuk angin dan juga kembung serta masih banyak lagi lainnya.

Untuk mendapatkan khasiat kunyit putih ini, konsumsi secara teratur mutlak dilakukan. Adapun cara mengolah kunyit putih cukup mudah. Bagi Anda penggemar masakan yang kaya akan rempah, menambahkan kunyit putih sebagai bumbu di masakan Anda tak hanya menyempurnakan cita rasa tetapi juga sedang menyisipkan obat dari alam pada masakan Anda. Sebagai tanaman obat, kunyit putih juga bisa langsung direbus dan airnya diminum secara teratur. Akan lebih baik lagi jika kunyit putih dikeringkan dan dibuat serbuk. Untuk mendapatkan manfaat kunyit putih, seduh serbuk tadi dengan air panas dan minum dua kali sehari, pagi dan malam. Jika Anda tak suka repot, kunyit putih instan sudah mulai membanjiri pasaran. Selamat mencoba!

sumber : http://khasiat-temulawak.blogspot.com/2012/11/kandungan-dan-manfaat-kunyit-putih.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar