mesin pencari

Kami menjual Grosir dan Eceran => Buka Hari Seni - Jumat (Tanggal Merah Libur) / Jam 08.00 - 17.00

Gambar Produk

Gambar Produk
sedia hena, golecha, chandni, rani, kajal, eye liner, cetakan hena, aksesoris hena

Kamis, 28 Februari 2013

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan sudah dikenal lama oleh masyarakat luas. Kunyit putih atau Curcuma mangga biasa digunakan orang untuk mengobati sakit perut dan kulit memar. Para ibu biasanya menggunakan kunyit/kunir putih ini sebagai pelengkap bumbu dapur, bahkan rimpang induknya dibuat bedak. Tanaman ini dapat tumbuh subur dibeberapa negara seperti Malaysia, Sri Lanka, Nepal, India, serta Indonesia khususnya di pulau Jawa dan sumatera.

Beberapa sebutan untuk kunyit putih di Indonesia :
- Orang Jawa menyebutnya dengan temu poh dan temu mangga.
- Orang Madua menyebutnya dengan temu pau.
- Orang Sunda menyebutnya dengan koneng pare, koneng lalap, dan koneng joho.
- Orang Melayu menyebutnya dengan temu putih.

Bukti masyarakat telah sering dan terbiasa memakai kunyit putih ini untuk obat bisa kita ketemui pada :
1. Seorang ibu yang tinggal di Depok yang bernama Ibu Aisyah, beliau merupakan penggemar tanaman obat dan sering menggunakan kunyit putih untuk menyembuhkan masuk angin. Bu Aisyah juga memberikan petunjuk cara membuat ramuannya sebagai berikut.

Kupaslah 200 gram kunyit putih dan cuci sampai bersih lalu diparut. setelah itu, peras untuk mengambil air sarinya. Tambahkan sedikit air hangat kemudian langsung diminum. Ramuan ini mempunyai rasa agak getir. Untuk membuat rasa manis bisa dilakukan dengan cara mencampurkan madu atau gula secukupnya.

2. Pengalaman lainnya juga diceritakan oleh bapak Ansori. Beberapa tahun yang lalu diberitahu oleh dokter kalau ibunya mengidap penyakit kanker. Untuk pengobatannya selain kemoterapi oleh dokter dianjurkan untuk mencoba ekstrak kunyit putih dan menghindari mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung zat pengawet.
Manfaat Kunyit Putih
Ciri – ciri kunyit putih
- Hanya tumbuh di daerah yang memiliki hawa dingin.
- Warnanya krem/kuning muda.
- Warnanya tidak berubah walaupun dijadikan ekstrak.
- Bintik umbinya seperti umbi jahe.
- Kalau masih segar mempunyai bau seperti mangga kweni

Macam – macam zat yang terdapat didalam kunyit putih yaitu :
1. RIP atau Riboisme In activating Protein adalah protein toksis dan kurkumin yang berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker.
2. Minyak atsiri adalah minyak yang berfungi untuk meredakan gangguan pencernakan.
3. Saponin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menetralkan racun didalam tubuh.
4. Polifenol yang merupakan antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas.
5. Kandungan lainnya yaitu gula, damar, flavonoid, tianin, amilum, dan protein toksis.
Manfaat kunyit putih untuk Obat :

1. Gangguan Pencernakan
Cukup ambil 1 rimpang kunyit putih yang mempunyai ukuran sedang, lalu dicuci hingga bersih dan dikupas setelah itu langsung dikunyah.

2. Kulit Bengkak, Memar, dan Bisul
Caranya cuci bersih kunyit putih secukupnya lalu parut. Tambahkan juga asam serta minyak kelapa secukupnya. Kemudian ramuan tersebut ditempelkan pada daerah kulit yang sakit.

Manfaat lainnya yaitu
- Menghentikan Pendarahan
- Obat Anti Peradangan
- Menyembuhkan Asma atau Aesak Nafas
- Mengurangi Berat Badan
- Mencegah Kerusakan Gen
- Mempersempit Organ Kewanitaan
- Meningkatkan Seksualitas
- Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
- Sebagai Antioksidan
- Meningkatkan Nafsu Makan
- Melancarkan Air Seni
- Mengecilkan Kembali Rahim Ibu Setelah Melahirkan
Air perasan kunyit putih berguna untuk membersihkan organ-organ yang berkaitan dengan persalinan selama masa nifas.

Walaupun kunyit putih yang berbentuk kecil ini mempunyai banyak khasiat namun sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran.
Berikut adalah 3 penelitian dari para ahli tentang manfaat kunyit putih:

1. Menurut Dr. Retno S. Sudibyo yang diterbitkan oleh koran tempo pada bulan Mei tahun 1999 menyebutkan kunyit putih mengandung protein Toksik RIP sehingga dapat menghambat sel kanker, mencegah kerusakan gen, dan meningkatkan sel darah merah.

2. Chan Minyi dalam bukunya Anti Cancer Medical Herbs menyebutkan Curcuma Zedoaria mempunyai efektivitas tinggi untuk mengatasi kanker dan tumor.

3. American Institute Cancer Report (New York Time) yang diterbitkan pada tanggal 1 Juni 1999 dan juga pakar Fak.Farmasi, PAU Bioteknologi serta PPOT UGM Yogyakarta menyebutkan bahwa kunyit putih mengandung :
-) Mengandung RIP atau Riboisme In activating Protein yang berfungsi mematikan perkembangan sel kanker tanpa merusak jaringan lainnya dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
-) Zat antioksidan fungsinya adalah mencegah kerusakan gen.
-) Zat anti Curcumin fungsinya untuk mencegah peradangan.

Dengan kandungan aktifnya, kunyit putih juga mampu mengobati asam urat, stroke, hipertensi, sakit jantung, kanker, tumor, kolesterol, radang hati, maag, ambeien, radang tenggorokan, bronkitis, amandel, nyeri haid, dan keputihan.

Perlu diketahui kalau kunyit putih ini merupakan salah satu komoditi agribisnis yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Negara maju seperti Amerika Serikat merupakan pasar terbesar di dunia karena mengimpor kunyit putih untuk bahan dasar minyak wangi yang mempunyai aroma hangat, khas kayu-kayuan dan memberikan efek terapi rileksasi.

Setelah mengetahui manfaat kunyit putih untuk obat, sebaiknya kita membudidayakannya karena selain untuk toga (tanaman obat keluarga) juga bisa mendatangkan penghasilan bagi kita.

sumber : http://muhtarhabibi.com/manfaat-kunyit-putih.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar